Ilustrasi menggambarkan apa itu bug

Apa Itu Bug? Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya

Untuk beberapa orang pasti belum terlalu mengenal apa itu bug, karena beberapa kata ini masih terbatas dan diketahui oleh beberapa orang saja. Karena biasanya digunakan oleh programer dalam melihat kesalahan atau bug dalam sistemnya. Dengan begitu banyak orang yang tidak mengenal dan memahaminya secara menyeluruh. 

Dalam tahap ini membuat Anda harus benar-benar memperhatikannya dan kesempatan kali ini kami mencoba menjelaskan apa itu bug tersebut. Dengan begitu membuat Anda akan lebih memahaminya dan mengerti secara langsung. Untuk penjelasan secara lengkap dan menyeluruh, simak ulasannya secara lengkap. 

Mengenal Apa Itu Bug

Untuk beberapa orang pemrograman mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini, karena semuanya sudah ditemui setiap harinya. Bug adalah istilah yang dibuat untuk memahami beberapa kesalahan pada perangkat elektronik. Hal ini terjadi dan disebabkan oleh kondisi yang kurang tepat atau tidak wajar dalam melihat kesalahan. 

Dalam tahap ini biasanya sistem yang berjalan tersebut mengalami kendala dan error, sehingga perlu adanya analisis dan perbaikan secara menyeluruh. Istilah bug sendiri sudah lama ada dan digunakan sejak adanya teknologi komputer. Untuk istilah atau kata bug sendiri muncul ketika ada serangga yang masuk dalam perangkat komputer. 

Dengan adanya bug atau serangga tersebut membuat beberapa pengertian dan istilah yang digunakan dalam IT sampai sekarang. 

Proses Menghindari Bug 

Perlu dipahami secara bersama-sama kalau bug itu tidak bisa dihindari dan dihilangkan begitu saja, tetapi Anda dapat mengurangi atau meminimalisir semuanya. Karena bug muncul pada beberapa aplikasi dan sering terjadi, hal ini tentunya perlu dipahami dan tidak sembarangan dalam menginstall aplikasi yang diinginkan. 

Hal yang menarik untuk dilakukan juga adalah dengan tidak mengunduh aplikasi yang masih dalam bentuk beta. Sebab beberapa aplikasi tersebut belum benar-benar sempurna dan masih harus mengatur serta memantau progres aplikasi yang dibuat. Dengan begitu Anda harus menyesuaikan dan memilih aplikasi yang benar-benar terpercaya. 

Pastikan komputer atau perangkat Anda selalu memiliki perlindungan berupa antivirus, hal tersebut sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan. Dengan begitu Anda harus tetap melakukan perlindungan dan menjamin keamanan dalam perangkat. Oleh karena itu, tetap waspada dan memberikan perlindungan terhadap perangkat yang dimiliki. 

Penyebab Munculnya Bug

1. Ada Human Error

Beberapa penyebab muncul dan hadirnya bug itu dilakukan dan disebabkan oleh kesalahan manusia itu sendiri. Bug tidak muncul begitu saja, tetapi prosesnya disebabkan atas ada kesalahan yang dibuat. Dengan begitu hal ini muncul akibat adanya persoalan dan permasalahan yang muncul akibat human error. 

Dalam tahap ini, biasanya beberapa programer terus memberikan proses pemantauan dan evaluasi terhadap beberapa aplikasi yang dibuatnya. Dengan begitu membuat semuanya dapat berjalan maksimal dan terhindar dari bug yang mengganggu performa perangkat komputer yang ada dan dimiliki tersebut. 

2. Kurangnya Komunikasi Antar Tim 

Biasanya dalam pembuatan aplikasi tersebut membutuhkan banyak orang, sehingga terkadang terjadi miskomunikasi dan tidak maksimalnya antara satu dengan lainnya. Dengan begitu ditemukannya bug yang mengganggu performa dan prosesnya. Dalam tahap ini penting untuk memahami dan menentukannya. 

Untuk mengatasi berbagai persoalan dan permasalahan tersebut, lebih baik untuk Anda mengantisipasi dan menentukan tim leader. Dengan begitu membuat aplikasi yang dibuat dapat maksimal dan terhindar dari permasalahan, terutama munculnya bug. 

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu bug dan penyebabnya, semoga beberapa penjelasan diatas dapat menjawab pertanyaan Anda selama ini.

Leave A Reply

Registration

Forgotten Password?