Cara Membuka Proteksi Excel dengan Mudah

Selamat datang pada artikel “Cara Buka Protect Excel”

Excel merupakan salah satu program komputer yang sering digunakan untuk penghitungan data. Namun, terkadang kita tidak bisa merubah data bahkan menyalinnya karena file tersebut terproteksi. Padahal, Anda membutuhkan data tersebut untuk presentasi atau tugas akhir. Bagaimana cara membuka proteksi Excel tersebut?

Langkah-langkah untuk membuka file Excel yang terproteksi

Langkah 1: Mencoba membuka dokumen dengan password default

Pertama, coba buka file dengan menggunakan password default atau yang biasa digunakan oleh banyak pengguna seperti “password”, “12345”, atau “admin”. Sebelum mengganti password kemungkinan Anda menggunakan password default tersebut.

Langkah 2: Menggunakan password lama

Anda mungkin pernah mengganti password Excel, namun lupa password terbaru yang Anda buat. Jangan khawatir, masukkan password lama dan gunakan untuk membuka dokumen tersebut.

Langkah 3: Menggunakan Password Remover

Password Remover adalah aplikasi yang disediakan khusus untuk membuka dokumen Excel yang terproteksi dengan password. Unduh aplikasi Password Remover terlebih dahulu dan ikuti petunjuk penggunaannya.

Langkah 4: Membuka file Excel dengan proteksi tanpa password

Untuk membuka Excel yang terproteksi tanpa password, Anda bisa memasukkan password kosong saat diminta. Namun, tidak semua file Excel yang terproteksi akan terbuka dengan cara ini. Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan selanjutnya.

Langkah 5: Membuka file dalam Folder Temporary

Coba buka file Excel terproteksi tersebut dalam folder Temporary. Perlu diingat, dokumen Excel akan otomatis membuat folder Temporary saat membuka atau mendesain file tersebut. Cari folder Temporary tersebut dan cari dokumen Excel yang ingin Anda buka dengan proteksi. Pilih dokumen kemudian masukkan password awal.

Langkah 6: Membuat copy dari file Excel

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mencoba membuat copy dari file tersebut. Salin dan paste file tersebut dari lokasi aslinya ke lokasi lain pada komputer. Coba untuk membukanya pada file baru dan masukkan password lama Anda. Meskipun file baru, Anda masih bisamenggunakan password lama yang sama dengan file asli.

Langkah 7: Mencoba dengan menggunakan modus tidak terhubung ke jaringan

Jika terdapat jaringan saat Anda membuka file Excel yang terproteksi, maka terdapat kemungkinan file tersebut terproteksi agar tidak dapat diakses dari jaringan. Cobalah untuk membuka file tersebut saat Anda tidak terhubung ke internet atau jaringan lokal.

Langkah 8: Membuka file Excel dengan Google Sheets

Google Sheets adalah aplikasi spreadsheet online yang dapat membuka atau meng-edit Excel Anda. Cobalah untuk mengubah file Excel tersebut ke Google Sheets dan buka file di sana. Ketika menggunakan Google Sheets, Anda tidak perlu memasukkan password.

Langkah 9: Menghubungi pembuat file Excel tersebut

Bila semua cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba menghubungi pembuat file Excel tersebut dan minta passwordnya. Pembuat file Excel juga bisa membuka dokumen tersebut dengan mudah pada komputernya dan memberikan tips serta trik untuk membukanya.

Langkah 10: Menggunakan tool online

Jika langkah sebelumnya masih tidak dapat membuka file Excel terproteksi, cobalah untuk tidak merusak dokumen tersebut. Anda bisa mencoba menggunakan tool online seperti lostmypass.com atau password-find.com. Tool ini dapat membuka dokumen Excel tanpa risiko yang harus menginstall virus atau software ilegal.

Tips Lainnya  Cara Menghapus Data yang Sama di Excel

Langkah 11: Membuka file Excel dengan software khusus

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa mencoba membuka file tersebut dengan menggunakan software khusus seperti iSunshare Excel Password Remover atau Excel Password Recovery. Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal software ini pada komputer Anda.

Langkah 12: Mereset password Excel

Terakhir, cara paling ampuh adalah dengan mereset password Excel. Cara ini dapat memulihkan dokumen Excel yang terproteksi ini dari aslinya. Tetapi, cara ini juga membatalkan semua aturan keamanan dan filter dengan dokumen tersebut. Pastikan Anda membuat salinan atau backup sebelum melakukan cara ini.

Tips dan Trik Untuk Membuka Excel yang Terproteksi

Tip 1: Jangan lupa mencatat password Anda

Agar tidak terulang lagi, buatlah kebiasaan untuk menuliskan password pada tempat yang aman dan terhindar dari kebocoran atau kerusakan. Simpan catatan tersebut dengan baik agar Anda tidak perlu mengalami kesulitan atau mengikuti langkah-langkah di atas lagi.

Tip 2: Hindari penggunaan password default

Selalu hindari penggunaan password yang terlalu umum seperti “password”, “12345”, atau “admin”. Gunakanlah kombinasi huruf, angka dan karakter khusus agar password Anda tidak mudah ditebak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tip 3: Gunakan software antivirus

Selalu periksa dokumen Excel Anda terlebih dahulu dengan menggunakan software antivirus untuk mencegah dokumen Anda terproteksi oleh virus atau malware yang tidak bertanggung jawab.

Tip 4: Jangan share informasi password dengan orang lain

Tidak ada kode etik yang baik saat memberikan password ke orang lain, meskipun ke suami atau keluarga terdekat Anda. Ketika informasi password Anda ternoda oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka dokumen Anda akan dengan mudah dibuka oleh orang tersebut.

Tip 5: Backup dokumen Excel Anda secara berkala

Selalu buat backup dari dokumen Excel Anda berkala agar tidak kehilangan data Anda tanpa sengaja. Dengan backup ini, Anda tidak perlu menyesal ketika file Excel yang terproteksi hilang atau tidak bisa dibuka.

Tip 6: Updatelah secara berkala

Selalu update software Excel Anda ke versi terbaru untuk meningkatkan performa dan keamanan file Anda. Dengan meng-update software komputer Anda, maka segala jenis trojan, malware, atau virus yang bisa merusak file Excel Anda akan tercari atau terdeteksi sebelum merusak dokumen Anda yang terproteksi.

Tip 7: Belajarlah dari pengalaman Anda

Ketika Anda mengalami kesulitan membuka file Excel yang terproteksi, cobalah mengingat-ta pulang setiap langkah yang telah Anda lakukan. Dari pengalaman tersebut, Anda akan menjadi lebih pintar dan mudah mengatasi permasalahan yang mungkin akan Anda hadapi pada kemudian hari.

Tip 8: Jangan mudah panik

Saat mengalami kesulitan membuka dokumen Excel yang terproteksi, jangan mudah terpancing emosi dan membuang file tersebut. Tetap tenang dan cobalah untuk mencari solusi yang tepat dan sesuai agar Anda tidak ruginya.

Tips Lainnya  Cara Membuat Grafik Persentase di Excel

Tip 9: Gunakanlah software resmi

Tidak ada jaminan bahwa setiap software yang tercantum di internet aman dan bekerja maksimal. Gunakanlah software resmi dan legal yang direkomendasikan oleh pengelola Windows/Excel untuk meminimalisasi risiko atau kerusakan pada dokumen Excel Anda.

Tip 10: Tetap mempercayai diri

Memang, membuka Excel yang terproteksi memerlukan ketelatenan dan keterampilan khusus. Namun, meskipun terlihat sulit, coba untuk tetap percaya diri dan tidak mudah menyerah. Jangan mudah menyerah pada situasi yang sulit atau halangan dalam mengatasi permasalahan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuka Proteksi Excel

Kelebihan

1. Memudahkan akses ke data yang terproteksi

2. Tidak perlu mengulangi proses pembuatan file excel yang sebelumnya terproteksi

3. Menambahkan keamanan ekstra untuk file excel yang terproteksi

4. Memungkinkan untuk mengedit data di dalam file excel yang terproteksi yang sebelumnya tidak dapat di akses

5. Memberikan fleksibilitas pada pengguna Microsoft Excel

6. Menjadi solusi ketika user lupa password untuk membuka file excel

7. Membuka peluang untuk mengambil data dari file excel terproteksi oleh orang lain

8. Menyediakan kemampuan untuk mempelajari metode proteksi excel dengan lebih detail

9. Memperluas lingkup penggunaan format excel yang terproteksi

10. Tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan atau plug-in untuk membuka proteksi excel

Kekurangan

1. Membuka peluang untuk menyalahgunakan informasi yang dimiliki oleh file excel

2. Membuat pengamatan dari pengguna file excel terproteksi menjadi sulit untuk dilakukan

3. Mengabaikan hak cipta dari pemilik file excel terproteksi

4. Meningkatkan jangkauan cybercrime karena kemudahan akses pada file excel terproteksi

5. Tidak bisa dijalankan pada device dengan spesifikasi rendah

6. Memerlukan keahlian dan pengetahuan tambahan untuk melakukan cara membuka proteksi excel

7. Bisa mengubah isi file excel tanpa sepengetahuan pengguna berkepentingan

8. Membuka kemungkinan terjadinya kesalahan dalam proses membuka proteksi excel

9. Menjadikan proses membuka proteksi excel lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan password yang sudah diketahui

10. Dalam hal menyalahi batasan hukum yang menyangkut privasi dan keamanan data, cara membuka proteksi excel dapat dikenakan sanksi pidana yang serius.

FAQ

1. Apa itu “protect excel”?

“Protect excel” adalah fitur pada program microsoft excel yang berguna untuk membatasi akses orang lain terhadap isi file excel Anda.

2. Bagaimana cara membuka “protect excel” yang terkunci?

Anda bisa membuka “protect excel” yang terkunci dengan memasukkan password yang tepat.

3. Apakah ada cara lain selain memasukkan password untuk membuka “protect excel” yang terkunci?

Tidak ada cara lain selain memasukkan password untuk membuka “protect excel” yang terkunci, kecuali jika Anda mereset password dengan menggunakan tools khusus.

4. Bagaimana cara mereset password “protect excel” yang telah terkunci?

Anda bisa menggunakan tools khusus seperti “Excel Password Recovery” atau “Password Remover” untuk mereset password “protect excel” yang telah terkunci.

5. Bisakah saya membuka “protect excel” yang terkunci tanpa menggunakan tools khusus?

Tidak, Anda tetap harus menggunakan tools khusus untuk membuka “protect excel” yang terkunci tanpa memasukkan password.

Tips Lainnya  Cara Copy Paste di Excel: Tips dan Trik untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

6. Apakah proses membuka “protect excel” yang terkunci dengan tools khusus sulit?

Tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang tertera pada tools khusus tersebut.

7. Bagaimana cara menghindari lupa password “protect excel”?

Anda disarankan untuk mencatat password “protect excel” di tempat yang aman dan mudah diingat, atau menggunakan password yang sederhana dan mudah diingat.

8. Apakah ada cara untuk menghilangkan “protect excel” tanpa membuka file excel?

Tidak, Anda harus membuka file excel terlebih dahulu sebelum bisa menghilangkan “protect excel”.

9. Apakah ada bahaya jika menggunakan tools khusus untuk membuka “protect excel” yang terkunci?

Tidak ada bahaya, asalkan Anda memilih tools khusus yang terpercaya dan mengikuti instruksi dengan benar.

10. Bagaimana cara melindungi file excel agar tidak mudah diakses oleh orang lain?

Anda bisa menggunakan “protect excel” untuk membatasi akses, atau memasukkan password pada file excel agar hanya orang yang memiliki password yang bisa membukanya.

11. Apakah “protect excel” bisa diberlakukan pada seluruh file excel atau hanya pada beberapa sel saja?

“Protect excel” bisa diberlakukan pada seluruh file excel atau hanya pada beberapa sel saja, tergantung dari pengaturannya.

12. Apakah ada cara agar file excel tetap terbuka namun hanya sebagian saja yang bisa diakses sementara yang lainnya terkunci?

Ya, Anda bisa menggunakan fitur “protect excel” untuk hanya mengunci sel tertentu saja dan mendesainnya agar sel lainnya terlihat tidak penting atau tidak bisa diakses untuk sementara.

13. Bagaimana cara menghilangkan “protect excel” pada sel tertentu?

Anda bisa membuka file excel terlebih dahulu, kemudian membuka fitur “protect excel” dan memilih opsi “unprotect” pada sel yang ingin Anda buka.

Kesimpulan

Cara membuka proteksi excel bisa dilakukan dengan mudah dengan beberapa cara. Namun, sebelum melakukan cara-cara tersebut, pastikan bahwa Anda memperoleh izin untuk membuka proteksi file excel tersebut. Terapkan cara yang paling cocok dan mudah dilakukan untuk membuka proteksi di excel workstation Anda, dengan mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, tidak ada yang tidak mungkin terjadi, termasuk dalam mengatasi masalah ini. Dengan begitu, kita harus cerdas dan paham terhadap teknologi agar dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Penutup

Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna dan penting, baik untuk keperluan bisnis maupun personal. Terkadang, kita tidak bisa memprediksi kendala atau masalah yang terjadi pada file excel. Contohnya seperti ketika Anda tidak bisa membuka file excel yang terproteksi. Namun, dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa dengan mudah membuka file tersebut. Penting untuk diingat bahwa cara-cara tersebut hanya boleh dilakukan pada file excel yang Anda miliki izin untuk mengaksesnya. Maka dari itu, perlakukan file excel dengan baik dan jangan sembarang berbagi file dengan orang lain tanpa izin atau penjelasan yang jelas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa!