Selamat datang di dunia Excel! Sebagai salah satu aplikasi produktivitas paling populer, Excel melekat pada banyak lini kehidupan kita, mulai dari keuangan pribadi, manajemen proyek hingga bisnis yang besar skala. Ketika datang ke spreadsheet, tidak ada yang membuatnya lebih mudah daripada menggunakan Excel.
Namun, ketika saatnya memasukkan tabel yang sudah kita buat dengan hati-hati ke dalam dokumen Word, cara memasukkan tabel Excel ke Word bisa menjadi rumit. Tabel yang terlihat baik-baik saja di Excel bisa melihat chaos total ketika kita copy-paste-nya ke Word. Jangan khawatir, di artikel ini saya akan membahas cara yang tepat untuk memasukkan tabel Excel ke Word.
Cara Memasukkan Tabel Excel ke Word
Persiapkan Tabel Excel Anda
Sebelum kita memasukkan tabel Excel ke Word, pastikan tabel itu sudah mencakup semua data yang kita butuhkan dan terlihat sebaik mungkin. Kita dapat menghapus semua gridlines Excel dari file terlebih dahulu jika kita inginkan, karena mereka tidak akan muncul dalam dokumen Word.
Copy-Paste Kuning – Langkah 1
Setiap pengguna Excel tidak asing dengan copy-paste, tetapi di sini kita akan membahas cara yang sangat berguna untuk memasukkan tabel Excel dengan mudah ke dokumen Word. Pertama, buka dokumen Word dan pindahkan kursor ke tempat yang ingin Anda masukkan tabel. Kemudian, copy data Excel seperti biasa, tetapi sebelum kita menempelkannya ke Word, klik “Paste Special” daripada “Paste”. Ini akan menghasilkan terbuka pop-up kecil yang memungkinkan kita untuk memilih opsi paste yang lebih banyak.
Pilih Opsi “Formatted Text (Space Delimited)” – Langkah 2
Tabel Excel yang kita copy dulunya ada dalam bentuk grid dengan cells yang terpisah. Setelah memilih “Formatted Text (Space Delimited)”, perangkat lunak Microsoft Word akan memformat tabel yang kita copy menjadi bentuk teks biasa dengan elemen-elemen terpisah oleh spasi. Ini dapat membantu menjaga semua elemen data table dan memudahkan pengeditan lagi nanti.
Terapkan Style pada Tabel – Langkah 3
Setelah kita paste tabel Excel ke dalam Word, kita harus memberikan sedikit styling agar sesuai dengan dokumen kita. Klik kanan di atas tabel dan pilih “Style.” Anda dapat memilih style apa pun yang kalian suka, atau bahkan membuat style sendiri. Tabel akan terlihat lebih rapi dan lebih sesuai dengan font dan size dokumen Word kita.
Ungroup Table – Langkah 4
Mungkin kita akan menemukan sub tabel yang ada dalam file Excel kita, secara default akan di grup dalam tabel besar. Ini kemudian dapat membuat kesulitan jika kita mencoba untuk mengedit tabel Word. Jangan khawatir, kita dapat mengungroup tabel tersebut, dengan cara klik dua kali pada table yang akan di edit. Kemudian pilih “Ungroup”, dan kita dapat mengedit sub-table dan meneruskan pekerjaan kita.
Perbaiki Cell dengan Tinggi Terlalu Tinggi – Langkah 5
Setelah kita memasukkan tabel Excel ke Word, Anda mungkin melihat bahwa ada cell tertentu yang terlalu tinggi. Ini biasanya terjadi ketika ada baris dengan banyak teks, beberapa teks lebih banyak dari yang bisa memuat satu baris. Kita dapat memperbaiki ini dengan memperbaiki tinggi cell secara manual dengan mengatur tinggi cell yang sesuai. Klik cell yang ingin kita perbaiki dan pilih “Format Cell” dan atur tinggi cell yang sesuai.
Tangani Sel yang Terlalu Kecil – Langkah 6
Ini mungkin kebalikan dari Langkah 5, tetapi kita mungkin juga menemukan sel yang terlalu kecil untuk memuat data. Bisa jadi sel tersebut berisi angka dan membutuhkan lebih banyak ruang pada baris tersebut. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah melebarkan sel secara manual. Seret batas kanan sel sampai memenuhi lebar data yang kita butuhkan, dan kembali ke Word, sel akan lebih lebar dan sudah bisa memuat semua data kita.
Hapus Garis Horizontal di Setiap Baris – Langkah 7
Saat kita men-reformat tabel kita, kita mungkin menemukan bahwa garis horizontal di riwayat baris di tabel Excel kita akan memenuhi sel di dokumen Word kita. Ini tentu mengganggu dan akan mengurangi clean & clearness dari tampilan tabel kita. Oleh karena itu, kita dapat menghapus garis horizontal pada setiap baris dengan dua klik. Blok tabel kita, klik kanan dan pilih “Borders and Shading.” Selanjutnya, pilih “Horizontal Line” dan kemudian “None”. Selamat! Garisnya hilang!
Hapus Garis Vertikal – Langkah 8
Sama seperti garis horizontal yang mengganggu tampilan, garis vertikal di sudut kiri tabe saaat kita copy-paste ke Word juga mengganggu. Untungnya, kita dapat menghapusnya juga dengan sangat mudah. Pilih setiap cel pada garis, klik “Borders and Shading” dan pilih opsi “No Borders.”
Tangani Angka, Tanda Punctuasi dan Tabel – Langkah 9
Seringkali saat mencopy tabel Excel ke Word, angka dan tanda baca dapat terlihat aneh. Jangan khawatir, Anda dapat mengatasi ini dengan merubah format tabel tersebut menjadi format Teks Murni. Bahkan, Microsoft Word akan menawarkan opsi untuk melakukan konversi secara otomatis.
Pindahkan Tabel – Langkah 10
Kita mungkin menemukan bahwa setelah semua modifikasi, kita perlu memindahkan tabel ke tempat yang berbeda pada dokumen Word kita. Untuk memindahkan tabel, blok tabel dan klik “Copy”. Kemudian, klik tempat di halaman Word kita yang ingin kita beri tabel. Akhirnya, klik kanan dan pilih “Paste”. Tabel siap untuk digunakan.
Sesuaikan Margin dan Ruang pada Tabel – Langkah 11
Jika kita mengedit tabel yang lebih besar dan memutuskan untuk menyisipkannya ke dalam dokumen Word, margin dan spasi yang benar di antara tabel dan konten akan sangat penting. Kita dapat mengatur margin yang diperlukan dengan menekan “Ctrl” dan mengklik margin pada dokumen Word, yang akan menampilkan gird margin. Kami dapat menggeser tabel dengan menggunakan margin di bagian atas atau bawah dokumen Word, ini akan membuat dokumen Word kita semakin keren dan serba canggih.
Reset Tabel Excel – Langkah 12
Ketika kita bekerja dengan tabel Excel, kita mungkin tergoda untuk meng-edit data setelah menempel bit di Office Word. Masalahnya, warna, pola, kolom, dan baris yang telah ditambahkan baru ke tabel Excel kita tidak akan terlihat di Office Word. Oleh karena itu, kita harus menghapus semua tambahan dan hanya menempaskan Excel yang dimaksud saja.
Penjelasan dan Tips
Memasukkan tabel Excel ke Word dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi tidak berarti kita harus putus asa. Dengan setiap langkah yang tepat, kita dapat membuat segala sesuatu menjadi cukup mudah dan efektif. Seiring dengan demikian, mari kita lihat beberapa tip yang mungkin tidak terletak dalam 12 langkah di atas:
Tip 1: Gunakan Mode Tampilan – XLToWord Toolbar
Suatu saat kita mungkin merasa bosan dengan cara yang lama untuk memasukkan tabel Excel ke Word. Jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mempercepat proses. Salah satu cara terbaik adalah menggunakan cukup alat dan plugin yang tersedia di internet untuk pemula dan ahli. Plugin mungkin sangat membantu bagi mereka yang menggunakan Excel secara teratur.
Tip 2: Ketahui Opsi Paste Khusus Lainnya
Tentunya, Anda telah membaca tentang fitur “Formatted Text (Space Delimited)”. Namun, ada banyak opsi lain yang dapat Anda gunakan, seperti “Tableau” dan “HTML”. Untuk informasi lebih lanjut, gunakan opsi Help yang tersedia di aplikasi Excel.
Tip 3: Jangan Pastikan untuk Mengubah Font atau Ukuran pada Word
Jika kita mengcopy-paste sebuah dokumen yang telah kita buat Excel ke Word, pastikan untuk tidak mengedit font dan ukuran saat kita mengetik ulang di Word. Ini akan memungkinkan kita untuk mempertahankan format yang sama dan menyederhanakan pekerjaan kita.
Tip 4. Gunakan Format Tabel Excel yang Tepat
Beberapa tabel Excel sangat besar dan rumit, dan tidak banyak orang yang tahu tentang ini. Kita harus menggunakan format tabel yang tepat jika kita ingin memasukkan tabel Excel ke Word yang sudah sudah di buat dengan rapih. Penting untuk Anda mengetahui tentang format tabel seperti dapat melihat karakteristik yang berguna seperti header dan footer.
Tip 5. Identifikasi dan Menindaklanjuti Kesalahan yang Tidak Dapat Diubah
Ini adalah hal yang paling mendasar tetapi sering kali diabaikan oleh banyak orang pada awal pekerjaan. Sebaiknya, kita mengidentifikasi semua kesalahan yang tidak dapat diubah secara mandiri. Pastikan untuk masuk ke Link Web resmi dan membaca semua informasi tentang kesalahan Microsoft Office. Dengan demikian, kita akan dapat menyelesaikan kesalahan yang tidak dapat diubah.
Tip 6. Memahami Kolaborasi Tabel
Microsoft Word memiliki banyak fitur kolaborasi, dan tabel bukanlah pengecualian. Misalnya, jika kita bekerja dalam organisasi besar dan berkolaborasi pada file Excel dan Word, penting bagi kita untuk menggabungkan semua data pengguna dan organisasi dalam file Word, sehingga semua pengguna dapat memodifikasi data tanpa harus bingung.
Tip 7. Gunakan Format Tabel Microsoft Excel yang Tepat
Bahwa Microsoft Excel merupakan ranah di mana kita dapat memperoleh semua data dengan berbagai format, ini menunjukkan tingkat keahlian yang dimiliki Excel dalam memperoleh data. Kita harus memperhatikan jenis format pada file Excel yang ada dan hubungkan dengan file dokumen Word yang dibutuhkan.
Tip 8: Jangan Bergantung Pada Format Otomatis
Ketika memasukkan tabel Excel ke Word, Anda mungkin akan mengandalkan kemampuan format otomatis. Ini bisa bekerja dengan tabel sederhana yang tidak membutuhkan terlalu banyak modifikasi. Namun, ketika berurusan dengan tabel yang lebih rumit, periode untuk modifikasi dapat memakan waktu, sehingga sebaiknya melakukan manual formating.
Tip 9: Run Fast Analysis dan Chart pada Excel
Sebagian besar Pengguna Microsoft Office memiliki alasan yang berbeda mengapa mereka bekerja dengan aplikasi. Jika Anda menggunakan Excel untuk mendapatkan data pada command center, sebaiknya Anda memiliki informasi tentang charting dan analysis yang berguna untuk Word dan Excel.
Tip 10: Bermain dengan Warna dan Layout Tabel
Akhirnya, tetapi tidak kalah penting, hanya dengan melakukan penyesuaian di warna dan layout tabel, membuat tabel Excel mulai terlihat stylist. Dengan lebih banyak penyesuaian di warna dan layout, kita dapat memberikan pengalaman pengguna yang legendaris sambil memasukkan tabel Excel ke Word.
Sekarang Anda dapat memasukkan tabel Excel ke Word dengan mudah. Dengan setiap langkah yang tepat, akan memudahkan penggunaan dan penampilan dokumen Word Anda. Mulai menggunakan trik dan tip yang baru Anda pelajari saat ini, serta kembangkan dengan terus menerus. Selamat belajar!
Kelebihan dan Kekurangan: Cara Memasukkan Tabel Excel ke Word
Kelebihan
1. Mengimpor tabel excel ke word secara otomatis meningkatkan efisiensi saat mengolah data.
2. Tabel dalam excel dapat dikustomisasi dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengatur ulang formatasi saat menjadikannya sebagai bagian dalam dokumen Word.
3. Membuat tabel yang lebih kompleks, seperti tabel pivot atau tabel dengan total per kolom atau baris, dapat dilakukan dengan lebih mudah di excel sebelum diimpor ke document Word.
4. Menambahkan rumus dan formula ke dalam sel-sel tabel pada excel, yang pada akhirnya digunakan untuk menghitung pada tabel Word, dapat dilakukan dengan lebih baik menggunakan excel.
5. Microsoft Excel memiliki sejumlah fitur yang bisa membuat tabel terformat dan terorganisir (seperti tampilannya yang berbeda-beda), fitur yang tidak tersedia pada Microsoft Word.
Kekurangan
1. Masalah formatasi dapat muncul setelah tabel diimpor dari excel ke Word. Tampilan yang tadinya rapi, bisa menjadi berantakan dan tidak terorganisir ketika menggunakan format yang berbeda.
2. Ketika membuat dokumen Word, ada batasan untuk ukuran file. Memasukkan tabel excel yang besar ke dalam dokument Word dapat menambah ukuran file, dan berdampak pada kinerja dan kecepatan loading dokumen Word tersebut.
3. Jika pengguna yang menerima dokumen Word tidak memiliki Microsoft Excel, maka ia tidak akan mampu melihat tabel Excel yang diimpor. Ini dapat menjadi masalah ketika berbagi dokumen ke orang yang tidak memiliki aplikasi tersebut.
4. Meskipun tabel excel dapat disisipkan ke dalam dokumen Word, namun pengguna tidak dapat mengubah isinya di dalam Word.
5. Jika tabel Excel diimport ke dalam dokumen Word, maka pengguna yang menerimanya juga harus memastikan bahwa perangkatnya memiliki ukuran layar atau kualitas printer yang baik, karena saat mencetak, tabel besar dapat membutuhkan ukuran kertas yang lebih besar dari standar.
FAQ
1. Apa itu Excel?
Excel merupakan software aplikasi lembar kerja spreadsheet yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan data maupun pembuatan laporan keuangan.
2. Bagaimana cara membuka file Excel?
Klik dua kali pada file Excel atau buka Microsoft Excel kemudian pilih Open dan cari file Excel yang ingin dibuka.
3. Bagaimana cara memasukkan tabel Excel ke Word?
Salin tabel pada dokumen Excel, buka dokumen Word yang hendak dimasukkan tabel, dan paste tabel pada dokumen tersebut.
4. Apakah ukuran tabel di Excel akan sama ketika dimasukkan ke Word?
Tidak, terkadang perlu untuk menyesuaikan ukuran tabel agar sesuai dengan format dokumen yang dimiliki oleh Word.
5. Apakah dapat dilakukan pengolahan data di dalam Word dengan tabel hasil copy-paste dari Excel?
Ya, dapat dilakukan pengolahan data yang relatif sederhana seperti filtering dan sorting data pada tabel tersebut.
6. Bagaimana cara menyisipkan gambar dalam tabel Excel?
Pilih posisi pada tabel tempat gambar ingin disisipkan, klik Insert pada menu bar, dan pilih gambar yang ingin disisipkan.
7. Apakah tabel pada Excel dapat dibuat dengan cepat menggunakan template?
Ya, tersedia banyak jenis template tabel pada Excel yang dapat langsung digunakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan.
8. Bagaimana cara menambahkan kolom atau baris pada tabel Excel?
Pada menu pilihan, pilih insert, kemudian pilih baris atau kolom yang ingin ditambahkan pada tabel.
9. Apakah dapat menghitung nilai total pada seluruh kolom atau baris pada tabel Excel?
Ya, dapat menggunakan rumus SUM pada sel yang diinginkan untuk mendapatkan nilai total pada seluruh kolom atau baris tersebut.
10. Bagaimana cara meng-copy rumus pada kolom atau baris pada tabel Excel?
Pilih sel pada kolom atau baris yang ingin di-copy rumusnya, kemudian gunakan fitur copy dan paste pada pilihan menu.
11. Apakah dapat mencari kata tertentu pada tabel Excel dengan mudah?
Ya, dengan menggunakan fitur Find yang tersedia pada pilihan menu, dapat dengan mudah mencari kata tertentu pada seluruh tabel Excel.
12. Bagaimana cara mengurutkan data dalam tabel Excel?
Pilih kolom yang ingin diurutkan kemudian klik tab Data pada menu, dan gunakan fitur Sort pada pilihan menu tersebut.
13. Apakah dapat menggabungkan sel pada tabel Excel?
Ya, dapat menggunakan fitur Merge Cells pada pilihan menu untuk menggabungkan sel pada tabel Excel.
Kesimpulan
Masukan tabel excel ke word bisa menjadi hal yang sangat diperlukan, terutama ketika kita bekerja dengan laporan atau dokumen bisnis. Namun, sebelum memasukan tabel tersebut, pastikan data yang terdapat pada tabel tersebut sudah diperiksa terlebih dahulu. Terdapat banyak cara untuk memasukan tabel excel ke word, namun pastikan untuk memilih cara yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan anda.
Jangan lupa untuk memilih metode yang paling mudah, cepat, dan efektif. Beberapa metode yang bisa digunakan diantaranya dengan menggunakan copy paste, paste link atau embed, atau bisa juga dengan menyisipkan file excel yang sudah di save as dalam bentuk gambar. Dengan mengikuti cara tersebut, maka memasukan tabel excel ke word akan menjadi tugas yang sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu.
Penutup
Sekarang anda sudah mengetahui cara memasukan tabel excel ke word. Dengan mengikuti cara tersebut, pekerjaan anda akan menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Selain itu, anda juga akan menjadi lebih mudah dalam mengatur data yang terdapat pada tabel tersebut.
Ketika anda sudah memasukan tabel excel ke word, pastikan juga untuk memeriksa kembali tabel tersebut agar tidak terdapat kesalahan dalam data. Selalu ingat, dalam pengolahan data, kecermatan dan kehati-hatian selalu menjadi kunci untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!