Cara Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat

Cara Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat: Aman dan Mudah

Selamat datang di artikel kami pada hari ini yang berisi tentang cara menghapus kolom di excel dengan cepat. Tentunya, Anda pernah dihadapkan pada tugas menghapus kolom pada tabel excel yang membutuhkan waktu yang lama dan membosankan. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu Anda menghapus kolom secara efektif dan cepat sehingga Anda dapat menghemat waktu yang lebih banyak untuk melakukan pekerjaan lainnya tanpa merasa lelah.

Langkah-langkah Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat

1. Pilih kolom yang akan dihapus

Inspeksi tabel excel yang ada, dan pilihlah kolom yang akan dihapus dengan mengklik header kolom tersebut di bagian paling atas.

2. Klik kanan pada kolom yang akan dihapus

Setelah memilih kolom yang ingin dihapus, klik kanan pada kolom tersebut dengan tombol mouse Anda. Sebuah dropdown akan muncul dengan menu pilihan.

3. Pilih “Hapus” pada menu dropdown

Pada dropdown menu yang muncul, pilih opsi “Hapus”.

4. Konfirmasi penghapusan kolom

Sebuah jendela dialog akan muncul, menanyakan apakah Anda ingin “menghapus seluruh kolom” atau “menggeser seluruh sel ke kiri”. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika seluruh sel pada bagian kanan kolom tidak memiliki isi yang ingin Anda simpan, pilih opsi “Menghapus Seluruh Kolom”. Namun, jika ada informasi penting pada sel-sel tersebut, pilih opsi “Menggeser Seluruh Sel ke Kiri”.

5. Tekan “OK”

Setelah memilih opsi yang sesuai, klik “OK”. Kolom yang Anda pilih akan dihapus atau digeser ke kiri sesuai pilihan Anda.

6. Gunakan shortcut keyboard

Anda bisa menghapus kolom pada tabel excel dengan cepat dengan menggunakan shortcut key pada keyboard Anda. Pilih kolom yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol “Ctrl” + “-” pada keyboard Anda. Jendela dialog akan muncul dengan pilihan yang sama seperti pada langkah keempat.

7. Hapus kolom ke kiri dan ke kanan bersamaan

Jika Anda ingin menghapus kolom secara bersamaan ke kiri dan ke kanan, maka gunakanlah shortcut keyboard dengan menekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “-” pada keyboard Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menghapus kolom tanpa perlu berulang kali melakukan langkah yang sama.

8. Hapus kolom kosong

Anda dapat menghapus kolom yang kosong dengan lebih cepat dengan menekan tombol “F5” pada keyboard, kemudian pilih “Kosong” pada kategori “Khusus”. Setelah itu, klik “OK” atau tekan “Enter”. Semua sel yang kosong akan dipilih. Kemudian, Anda bisa menghapus sel kosong tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

9. Unduh add-in “Remove Blank Rows”

Jika Anda ingin menghapus kolom kosong dengan mudah, Ada beberapa add-in yang dapat Anda unduh bebas biaya pada situs web Office. Salah satu add-in tersebut adalah “Remove Blank Rows”. Dengan add-in ini, Anda bisa menghapus baris dan kolom kosong pada excel dengan lebih mudah dan cepat.

10. Gunakan rumus “IF”

Anda bisa menggunakan rumus “IF” untuk mengidentifikasi sel yang diisi atau tidak. Kemudian, hapus baris atau kolom yang tidak diinginkan dengan cepat.

Tips Lainnya  Cara Mudah Menghapus Duplikat Data di Excel

11. Klaster beberapa kolom pada satu waktu

Anda bisa menghapus beberapa kolom pada saat bersamaan dengan cara menekan tombol cukup lama pada header kolom yang di pilih. Kemudian, pilihlah kolom yang akan dihapus secara bersamaan dengan kolom yang lain pada tabel excel Anda.

12. Simpan ulang file Anda saat menyimpan perubahan

Untuk memastikan perubahan pada tabel excel Anda disimpan, Anda harus menekan tombol “Ctrl” + “S” saat Anda sudah menghapus kolom yang diinginkan. Hal ini dilakukan agar tidak ada perubahan yang hilang pada file excel Anda.

Penjelasan dan Tips Lainnya

Selain dengan 12 langkah-langkah di atas, ada beberapa cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menghapus kolom di excel dengan cepat.

1. Gunakan “Go To Special”

Pilih seluruh tabel atau worksheet, kemudian pilih “Go to Special”. Klik opsi “Blanks” kemudian klik OK. Setelah itu, klik kanan pada header kolom yang dipilih, dan klik opsi “Hapus”. Dengan cara ini, Anda bisa menghapus seluruh kolom yang kosong dengan cepat.

2. Trim tanda baca pada sel

Peletakan atau penghapusan beberapa tanda baca dapat mengakibatkan nama kolom menjadi tidak memiliki nilai pada Microsoft Excel. Anda bisa memperbaikinya dengan memotong dan hanya menyimpan nama kolom untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam menghapus beberapa sel secara bersamaan.

3. Gunakan fitur Find and Replace

Jika Anda memiliki tabel besar di excel, anda bisa menggunakan fitur Find and Replace untuk mencari kata kunci. Kemudian Anda bisa melanjutkan proses penghapusan kolom pada bagian yang diinginkan.

4. Gunakan add-in add-in yang tersedia

Masukkan add-in pada Ms. Excel untuk menghapus kolom yang kosong pada tabel Anda. Beberapa add-in yang bisa Anda gunakan adalah “Remove Blanks” dan “Easy Data Clean”.

5. Delete shortcut toolbar

Jika Anda sering melakukan penghapusan kolom pada tabel excel, maka Anda bisa membuat shortcut toolbar pada Ms. Excel. Tekan tombol “Alt” dan “F8” secara bersamaan, kemudian pilih “New”. Masukkan nama toolbar dan penempatannya dalam menu “Personal Macro Book”. Setelah itu, Anda bisa menambahkan tombol untuk menjalankan penghapusan sel tersebut.

6. Hapus kolom dengan pandangan matematika

Cara lain untuk menghapus banyak kolom secara bersamaan adalah dengan melihat pada urutan kolom yang akan dihapus. Anda bisa menghapus kolom dari lebih kecil ke lebih besar atau sebaliknya. Cara ini bisa lebih cepat dibandingkan dengan cara menghapus kolom secara satu per satu.

7. Kreatif dengan shortcut keyboard

Cara terbaik untuk mengahapus kolom dengan cepat adalah dengan mengetahui beberapa shortcut keyboard pada Ms. Excel. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mencari menu drop down yang ada pada Ms. Excel.

8. Hapus kolom dengan filter

Gunakanlah filter pada tabel excel Anda. Kemudian, pilih pilihan “Filter drop-down” pada kolom yang diinginkan. Setelah itu, pilih opsi “Clear Filter” pada bagian yang terfilter. Anda bisa menghapus kolom yang sudah di filter pada tabel excel secara bersamaan.

Tips Lainnya  Cara Mencari Data yang Sama di Excel

9. Hapus kolom dengan kopas

Kopi dan pastekan data yang ingin dihapus. Kemudian masukkan data yang sudah di kopas tentunya pada halaman yang sebelumnya kosong. Setelah itu, Anda bisa menghapus kolom dari tabel excel dengan cepat.

10. Hapus kolom dengan program lai

Terakhir, Cara menghapus kolom yang kosong di Microsoft Excel is dengan men-download beberapa program lain seperti “Excel IS Fun”. Program ini sangat membantu, dan bisa membantu Anda untuk melakukan berbagai hal dengan tabel excel dengan cukup cepat.

Cara Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Memudahkan pengguna dalam menghapus kolom dalam jumlah banyak.

2. Menyederhanakan pekerjaan dan menghemat waktu pengguna dalam penghapusan kolom.

3. Memberikan pengguna kemudahan dalam pengeditan tabel Excel.

4. Membantu pengguna untuk cepat menyelesaikan pekerjaan yang bersifat rutin.

5. Mengurangi resiko kesalahan dalam penghapusan kolom karena penghapusan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

6. Memberikan tampilan tabel yang lebih rapi dan teratur.

7. Meningkatkan efisiensi kerja serta menghemat waktu dan tenaga.

8. Dapat digunakan oleh siapa saja, baik pengguna level dasar atau advanced.

9. Menghasilkan data yang lebih akurat dan terstruktur.

10. Menyediakan berbagai macam tools lain yang dapat membantu dalam pemrosesan data.

Kekurangan

1. Pengguna perlu terbiasa dengan fitur ini agar dapat memaksimalkan kegunaannya.

2. Kesalahan dalam pemilihan kolom yang akan dihapus dapat menyebabkan hilangnya data yang seharusnya dibiarkan.

3. Penghapusan kolom yang dilakukan secara tidak hati-hati dapat berakibat fatal dan memberi dampak yang merugikan.

4. Hasil penghapusan yang terburu-buru dapat menimbulkan kesalahan yang sulit untuk diperbaiki.

5. Tidak cocok digunakan untuk penggunaan data yang lebih kompleks atau memiliki aturan yang khusus.

6. Penghapusan kolom yang biasa terjadi secara langsung dapat mengubah struktur data asli.

7. Sering menggunakan fitur ini dapat menyebabkan kecenderungan untuk menghapus data yang tidak diperlukan.

8. Tidak semua versi Excel memiliki fitur penghapusan kolom secara cepat.

9. Fitur ini hanya dapat digunakan pada jenis format data tertentu dalam Excel.

10. Penghapusan kolom secara cepat dapat mengakibatkan kesalahan dalam proses pivot table atau tabel lainnya.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan kolom di Excel?

Kolom di Excel adalah serangkaian sel yang berjajar secara vertikal dan memberikan tampilan data yang berbentuk kolom.

2. Apa fungsi dari menghapus kolom di Excel?

Menghapus kolom di Excel digunakan untuk menghilangkan data yang tidak dibutuhkan atau menyederhanakan tabel dengan menghilangkan kolom yang tidak relevan.

3. Bagaimana cara menghapus satu kolom di Excel?

Anda dapat menghapus satu kolom pada Excel dengan mengklik judul kolom, lalu gunakan tombol “hapus” atau tekan tombol “ctrl” dan “-“.

4. Bagaimana cara menghapus lebih dari satu kolom di Excel?

Anda dapat menghapus beberapa kolom di Excel dengan menyorot area kolom yang ingin dihapus, kemudian gunakan metode yang sama dengan menghapus satu kolom.

Tips Lainnya  Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel 2016

5. Ada tidak cara cepat untuk menghapus banyak kolom di Excel?

Ya, Anda dapat membuka menu “Pilih Sel” pada bagian “Edit” dan memilih “Tentukan Kondisi” untuk menentukan kondisi yang diperlukan untuk memilih kolom yang akan dihapus.

6. Apa yang terjadi jika saya menghapus kolom yang tidak seharusnya dihapus?

Anda dapat membatalkan penghapusan kolom dengan menekan tombol “undo” atau menekan tombol “ctrl” dan “z”.

7. Bisakah saya mengembalikan kolom yang telah dihapus di Excel?

Anda dapat menggunakan tombol “undo” atau menekan tombol “ctrl” dan “z” untuk mengembalikan kolom yang telah dihapus.

8. Apa yang terjadi pada data lain ketika saya menghapus kolom di Excel?

Data lain pada lembar kerja Excel tidak terpengaruh pada saat Anda menghapus kolom tertentu.

9. Apakah saya dapat membatasi penghapusan kolom hanya pada kolom kosong saja?

Ya, Anda dapat membatasi penghapusan kolom hanya pada kolom kosong dengan memilih menu “Hapus Sel Kosong” pada “Pilih Sel” atau gunakan fitur “Pemfilteran” untuk memilih kolom yang diinginkan berdasarkan kondisi tertentu.

10. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat menghapus kolom di Excel?

Anda mungkin tidak dapat menghapus kolom di Excel karena lembar kerja tersebut terkunci atau dikunci. Cek kembali pengaturan lembar kerja dan pastikan Anda telah memilih kolom yang benar untuk dihapus.

11. Bagaimana cara membuka kembali kolom yang sengaja saya hapus di Excel?

Anda dapat menggunakan tombol “undo” atau menekan tombol “ctrl” dan “z” untuk membuka kembali kolom yang telah dihapus.

12. Apakah saya dapat memindahkan data dari kolom yang akan dihapus ke kolom lain?

Ya, Anda dapat memindahkan data dari kolom yang akan dihapus ke kolom lain sebelum menghapus kolom tersebut. Pastikan data yang dipindahkan sesuai dengan struktur tabel untuk menghindari data yang salah posisi.

13. Bisakah saya menghapus lebih dari satu kolom sekaligus dengan shortcut keyboard?

Ya, Anda dapat menggunakan tombol “ctrl” dan “-” untuk menghapus satu atau lebih kolom pada Excel.

Cara Menghapus Kolom di Excel dengan Cepat

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data yang sering digunakan di dunia kerja maupun pendidikan. Salah satu fungsi dasar di Excel adalah menghapus kolom. Namun, apakah Anda sudah tahu cara menghapus kolom di Excel secara cepat? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghapus kolom di Excel dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Dengan mengikuti beberapa tips yang telah disampaikan di atas, Anda dapat menghapus kolom di Excel dengan lebih cepat dan efisien. Memperhatikan urutan memilih kolom dan menekan tombol “ctrl” sebelum menghapus kolom dapat mempercepat proses penghapusan. Selain itu, menggunakan fitur AutoFit dan Cut dapat meningkatkan efisiensi dalam penghapusan kolom. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menggunakan Microsoft Excel dengan lebih mudah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!