Cara Menghilangkan Password di Excel

Selamat Datang di Dunia Excel: Cara Menghilangkan Password di Excel

Excel merupakan aplikasi populer yang banyak digunakan oleh perusahaan dan individu untuk mengatur data, membuat tabel, dan menghitung angka. Namun, seringkali kita menemukan file Excel yang dilindungi password oleh pemiliknya, baik itu karena alasan keamanan atau privasi. Apa yang harus dilakukan jika Anda harus membuka file Excel tersebut namun tidak memiliki passwordnya? Di artikel ini, kami akan membagikan cara menghilangkan password di Excel agar Anda dapat mengakses file tersebut dengan mudah. Langsung saja kita mulai!

Langkah-Langkah untuk Menghilangkan Password di Excel

Langkah 1: Buka File Excel yang Dilindungi Password

Pertama-tama, buka file Excel yang dilindungi password. Anda akan melihat dialog box yang meminta Anda untuk memasukkan password untuk membuka file tersebut. Karena Anda tidak memiliki passwordnya, klik tombol “Cancel” di dialog box ini. Hal ini akan mengarahkan Anda ke tampilan “Read-Only” dari file Excel. Namun, jangan khawatir, karena langkah-langkah selanjutnya akan membantu Anda untuk menghilangkan password tersebut.

Langkah 2: Salin File Excel ke Lokasi yang Baru

Setelah file Excel dibuka di mode “Read-Only”, salin file tersebut ke lokasi yang baru dan berikan nama baru pada file tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak ada gangguan pada file asli dan Anda dapat menghapus password pada salinan file Excel yang baru ini. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Save As” dan memilih lokasi baru.

Langkah 3: Ubah Ekstensi File Excel Menjadi .zip

Selanjutnya, ubah ekstensi file Excel yang baru tersebut menjadi “.zip”. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan file tersebut, pilih “Rename”, dan kemudian ganti ekstensi “.xlsx” menjadi “.zip”. Klik “Yes” untuk memberikan konfirmasi bahwa Anda ingin mengubah ekstensi file tersebut menjadi “.zip”.

Langkah 4: Ekstrak File Excel yang Telah Disederhanakan

Setelah itu, ekstrak file Excel yang telah diubah ekstensinya menjadi .zip tadi. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan file dan memilih “Extract All”. Setelah itu, Anda akan melihat folder baru dengan nama yang sama dengan file Excel yang telah di-ekstrak tadi. Masuk ke dalam folder tersebut dan cari file “xl” yang berisi informasi yang terkait dengan file Excel yang sedang Anda kerjakan.

Langkah 5: Buka Folder “worksheets”

Selanjutnya, masuk ke folder “worksheets” yang terletak di dalam folder “xl” tersebut. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan file yang disebut “sheet1.xml” atau “sheet2.xml” dan seterusnya tergantung pada jumlah sheet Excel yang ada. File ini mendeskripsikan informasi yang terkait dengan cell, termasuk informasi yang terkandung pada cell yang dilindungi password.

Langkah 6: Buka File “sheet.xml” Menggunakan Notepad

Setelah file “sheet.xml” ditemukan, klik kanan file tersebut dan pilih “Open With” dan pilih “Notepad”. Hal ini akan membuka file “sheet.xml” dalam mode teks. Carilah kata “SheetProtection” pada file tersebut. Ini akan membawa Anda ke bagian yang terkait dengan password proteksi pada cell.

Langkah 7: Hapus Baris yang Mengandung Kata ‘SheetProtection’

Setelah menemukan kata “SheetProtection”, hapus baris yang mengandung kata tersebut dengan mengklik pada baris tersebut dan kemudian menekan tombol Delete. Hal ini akan menghapus semua kode terkait dengan password proteksi pada sheet Excel yang sedang Anda kerjakan.

Tips Lainnya  Cara Membuka Excel yang Di Protect

Langkah 8: Simpan dan Tutup File “sheet.xml”

Setelah menghilangkan semua kode terkait password, simpan dan tutup file “sheet.xml”. Ingat, pastikan Anda menyimpan file tersebut sebagai file “XML” yang tepat, dan bukan sebagai file “txt” atau “Word”. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar file Anda tidak rusak atau tidak bisa dibuka.

Langkah 9: Kompres Folder “Perubahan yang Disimpan” ke Dalam Satu File .zip

Setelah Anda menyimpan file “sheet.xml”, kemudian compres folder “perubahan yang disimpan” ke dalam satu file .zip. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan folder tersebut, lalu pilih “Send To” dan “Zip”. Hal ini membuat file Excel yang telah diproteksi password diubah menjadi format zip.

Langkah 10: Ubah Ekstensi File Hasil Kompresi Menjadi .xlsx

Setelah compres folder “perubahan yang disimpan”, ubah kembali ekstensi file hasil dari kompresi tersebut menjadi “.xlsx” seperti ekstensi asli dari file Excel. Hal ini agar file Excel dapat kembali dibuka dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Langkah 11: Buka File Excel Hasil Kompresi

Anda dapat membuka file hasil kompresi Excel di Microsoft Excel, dan tidak akan ada lagi dialog box yang meminta Anda memasukkan password untuk membuka file tersebut. Anda sekarang dapat mengakses file Excel tanpa password dengan bebas seperti biasanya.

Langkah 12: Jangan Selalu Menghilangkan Password di Excel (Tips dan Trik)

Meskipun menghilangkan password di Excel dapat menjadi solusi untuk mengakses file Excel yang terproteksi password, ada baiknya jika Anda tidak melakukan hal ini secara terus-menerus. Berikut adalah beberapa tips dan trik mengenai penggunaan password di Excel:

1. Tetap Gunakan Password yang Kuat

Saat membuat password untuk file Excel, pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Hal ini untuk membuat password Anda sulit ditebak oleh orang lain.

2. Gunakan Password yang Berbeda untuk Setiap Situasi

Usahakan untuk tidak menggunakan password yang sama untuk setiap file Excel yang Anda miliki. Ini akan menjaga keamanan data Anda agar tetap utuh meskipun salah satu file tersebut diakses oleh orang yang tidak berwenang.

3. Simpan Password Anda dengan Aman

Simpan password Anda dalam tempat yang aman dan pastikan hanya Anda yang mengetahuinya. Hindari mencatat password Anda pada catatan yang mudah diakses oleh orang lain.

4. Jangan Bagikan Password Anda ke Sembarang Orang

Usahakan untuk tidak membagikan password Anda ke orang yang tidak berwenang. Meskipun Anda merasa mereka bisa dipercaya, tetap saja terdapat risiko keamanan data Anda akan terancam bila password tersebut jatuh ke tangan yang salah.

5. Segera Ganti Password Jika Dibutuhkan

Jika Anda merasa password file Excel Anda sudah tidak aman lagi, segeralah untuk menggantinya dengan password yang baru dan lebih kuat.

6. Jangan Mengandalkan Password Sendiri

Lindungi file Excel Anda dengan password dan sesekali backup file Anda untuk menghindari kehilangan data Anda. Namun, jangan terlalu mengandalkan password sebagai satu-satunya cara melindungi file Anda. Jangan ragu-ragu untuk menambahkan lapisan keamanan lain jika memang dibutuhkan.

Tips Lainnya  Cara Agar Angka di Excel Tidak Berubah

Demikian cara menghilangkan password di Excel dan beberapa tips dan trik terkait penggunaan password di Excel. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses file Excel yang terproteksi dengan mudah dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Cara Menghilangkan Password di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Memungkinkan pengguna untuk membuka file Excel yang terproteksi oleh password.

2. Mengembalikan hak akses pemilik file jika password lupa atau hilang.

3. Memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menyalin isi file Excel yang terproteksi.

4. Tidak memerlukan keahlian khusus untuk menghapus password.

5. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

6. Membuat lebih mudah untuk berbagi file Excel dengan orang lain.

7. Tidak memerlukan biaya untuk menghapus password di Excel.

8. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencari cara menghapus password di Excel.

9. Memungkinkan pengguna untuk merubah dan mengatur ulang pemilik file.

10. Mengurangi masalah ketidaknyamanan ketika lupa password berulang kali.

Kekurangan

1. Membuka celah untuk penyalahgunaan file Excel yang terproteksi.

2. Potensi terkena serangan virus ketika file Excel dibuka oleh orang yang tidak berhati-hati.

3. Ada risiko kehilangan data jika dilakukan kesalahan pada proses penghapusan password.

4. Melanggar privasi pengguna jika file Excel yang terproteksi berisi informasi rahasia.

5. Memungkinkan siapa saja untuk mengakses informasi yang seharusnya dilindungi oleh password.

6. Kesalahan pada proses penghapusan password dapat merusak file Excel secara permanen.

7. Ada risiko kecurangan atau manipulasi data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

8. Memerlukan pemahaman tentang proses penghapusan password agar tidak merusak file Excel.

9. Tidak semua versi Excel memiliki opsi penghapusan password.

10. Tidak semua orang memiliki akses untuk menghapus password pada file Excel yang bukan miliknya.

FAQ

1. Apa itu password di Excel?

Password di Excel adalah sebuah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengunci dan melindungi file dari akses tanpa izin.

2. Saya lupa password di Excel, apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda lupa password di Excel, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk menghilangkannya seperti yang akan dijelaskan di artikel ini.

3. Apakah ada cara untuk membuka file Excel yang terkunci?

Ya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuka file Excel yang terkunci. Salah satunya adalah dengan menghilangkan password-nya.

4. Apakah ada resiko data file Excel saya hilang saat menghilangkan password?

Tidak ada resiko data file Excel hilang saat menghilangkan password. Data Anda tetap aman dan utuh.

5. Bagaimana cara menghilangkan password di Excel jika saya menggunakan Excel 2016 atau versi terbarunya?

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka file Excel yang terkunci.
  2. Pilih “File” di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Info” di sebelah kiri.
  4. Pilih “Protect Workbook” di bawah tab “Permissions”.
  5. Pilih “Encrypt with Password”.
  6. Hapus password yang sudah ada atau kosongkan field password. Kemudian klik OK.
  7. Simpan file Anda.

6. Apakah cara menghilangkan password di Excel berbeda pada setiap versinya?

Ya, cara menghilangkan password di Excel bisa berbeda pada setiap versinya. Namun, langkah-langkahnya bisa ditemukan di menu “Protect Workbook” atau “Protect Sheet”.

Tips Lainnya  Cara Menghitung Jumlah Data di Excel

7. Bagaimana cara menghilangkan password di Excel jika saya menggunakan Excel 2013 atau versi sebelumnya?

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka file Excel yang terkunci.
  2. Pilih “File” di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Info” di sebelah kiri dan kemudian pilih “Protect Workbook”.
  4. Pilih “Encrypt with Password”.
  5. Hapus password yang sudah ada atau kosongkan password-nya. Kemudian klik OK.
  6. Simpan file Anda.

8. Saya sudah mencoba cara di atas namun masih gagal menghilangkan password di Excel, kenapa?

Bisa jadi ada kesalahan pada proses langkah-langkah yang dilakukan. Pastikan Anda sudah mengikuti cara dengan benar. Jika masih gagal, Anda bisa mencoba metode lain seperti menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga.

9. Apakah ada aplikasi atau software pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghilangkan password di Excel?

Ya, ada beberapa aplikasi atau software pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghilangkan password di Excel. Beberapa di antaranya adalah Excel Password Remover, iSumsoft Excel Password Refixer, dan banyak lagi.

10. Apakah aplikasi atau software pihak ketiga aman digunakan?

Sebaiknya Anda mengunduh aplikasi atau software pihak ketiga dari situs resmi atau sumber terpercaya. Pastikan juga antivirus Anda aktif dan update jika mengunduh dan menjalankan aplikasi atau software tersebut. Namun, kami tidak menjamin keamanan aplikasi atau software pihak ketiga yang digunakan oleh pengguna.

11. Bagaimana cara mencegah lupa password di Excel agar tidak perlu menghilangkannya?

Anda bisa mencatat password di tempat yang aman dan mudah diakses, seperti di buku catatan atau aplikasi simpan password. Selain itu, gunakan password yang mudah diingat atau gunakan fitur remember password.

12. Apakah setiap file Excel perlu dikunci dengan password?

Tidak setiap file Excel harus dikunci dengan password. Gunakan fitur ini hanya pada file-file yang Anda rasa penting dan perlu dilindungi dari akses tanpa izin.

13. Apa manfaat menghilangkan password di Excel?

Manfaat menghilangkan password di Excel adalah Anda bisa memudahkan diri dalam membuka file yang terkunci dan mengakses data file Excel yang terkunci.

Kesimpulan

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan password di Excel. Namun, sebaiknya kita mempertimbangkan keamanan data kita sebelum mengambil keputusan untuk menghapus password. Jika memungkinkan, kita dapat mencoba untuk mengingat kembali password yang sudah kita buat. Jika memang sudah tidak ingat, maka kita dapat mencari bantuan aplikasi pembuka password.

Jangan mengambil tindakan yang tergesa-gesa, karena bisa berdampak buruk pada data kita. Selalu pastikan melakukan backup data kita sebelum mengambil tindakan apapun. Dengan terus mempelajari Excel dan fitur-fiturnya, kita dapat lebih menguasai program ini dan menghindari masalah seperti lupa password di masa mendatang.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan password di Excel. Sebagai pengguna Excel, kita harus selalu berhati-hati dalam mengelola data kita agar terhindar dari masalah keamanan. Jika kita mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari sumber-sumber terpercaya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa!