Cara Menghitung Ranking di Excel

Cara Menghitung Ranking di Excel

Selamat datang pembaca setia! Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan jenis tips seputar cara menghitung ranking di Excel yang sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan Anda, baik di kantor maupun instansi pemerintah. Anda akan belajar cara menghitung dan mengatur peringkat dalam lembar Excel dan meningkatkan kinerja personal Anda dalam pengolahan data. Nah, mari kita mulai pembahasannya!

Langkah-Langkah

1. Pembuatan Daftar Data

Yang pertama adalah membuat daftar data. Buatlah daftar data dalam bentuk tabel di halaman Excel terlebih dahulu. Masukkan data yang nantinya akan dihitung ranking-nya. Setiap data harus dapat dikelompokkan dengan kategori tahap dan variabel lebih spesifik.
Contoh: jika ingin menghitung ranking karyawan, maka dapat ditulis dalam kolom yang berbeda seperti nama, departemen pekerjaan, usia, dan lainnya.

2. Persiapan Data

Setelah daftar data selesai dibuat, selanjutnya persiapkan data tersebut. Buatlah workbook baru dan salin semua data yang telah dibuat ke dalam sebuah lembar kerja baru. Klik dan nomor-kan kolom dan baris yang sesuai catatan data.

3. Buat Formula Ranking

Buatlah formula ranking untuk melihat siapa yang mendapat peringkat tertinggi atau terendah.
Formula yang bisa digunakan adalah RANK () dan dalam parameter RANKcara penggunaannya adalah: =RANK(angka,cakupan_data,mode_pengurutan) :

4. Mengatur Penomoran Ranking

Setelah peringkat terbentuk, selanjutnya adalah memberi nomor ranking pada setiap data yang dihitung. Pertama, copy formula peringkat pada kolom lain. Setelah itu, buat nomor urut sesuai dengan peringkat posisi teratas sampai terbawah.

5. Pengaturan Dataset

Ketika membuat formula ranking, memilih seluruh rangkaian dataset menjadi faktor pengukuran keseluruhan. Sesuaikan parameter cakupan data menjadi kumpulan data yang sesuai dengan hasil yang diinginkan. Ini memungkinkan untuk diperoleh informasi dari subset data dengan kriteria yang berbeda.

6. Pengaturan Tiga Aspek Utama

Saat membuat formula ranking, penentuan pengurutan data dapat diatur. Ada tiga aspek utama pengurutan data, yaitu membersihkan data, menentukan ulang variabel, serta memilih jenis pengurutan (tertinggi-hingga-terendah atau sebaliknya).

7. Penggunaan Fungsi Agregat

Dalam Excel, fungsi agregat dapat digunakan untuk penghitungan yang lebih kompleks, termasuk penghitungan peringkat. Fungsi agregat memungkinkan pengguna untuk menentukan fungsi operasi yang tepat untuk memfilter, menghitung, dan menentukan data dengan cara yang lebih personal dan lebih tepat.

8. Menggunakan Pivot Table

Jika data yang digunakan besar dan rumit, menggunakan Pivot Table mungkin dapat membantu memilah data dan mengembangkannya kembali dalam format yang lebih mudah dipahami. Pivot Table secara otomatis memperhitungkan perbedaan metode penghitungan dalam memperlihatkan hasil yang tepat.

9. Menyusun Data secara Berurutan

Jika data di dalam daftar yang besar terorganisir dalam beberapa cara yang berbeda, maka menyusun daftar dalam metode yang sesuai, dan menyusun data peringkat menjadi pengukuran yang lebih terstruktur dan lebih terfokus dapat memudahkan informasi untuk dibaca dan dianalisis.

10. Pivot Table

Jika ingin mencari alternatif metode pengurutan data, menggunakan Pivot Table mungkin dapat membantu memilah dan menyederhanakan data dalam format yang lebih mudah dipahami. Pivot Table secara otomatis memperhitungkan perbedaan metode penghitungan dalam memperlihatkan hasil yang tepat.

Tips Lainnya  Cara Mengoperasikan Excel: Panduan Lengkap untuk Pemula

11. Dukungan Dataset

Aspek dukungan dataset dalam memperoleh informasi dari data peringkat di Excel sangat diperlukan. Dukungan data set dapat berupa tabel database, CSV, data teks mentah, dan sebagainya.

12. Analisis dan Penyimpanan Data

Setelah menerapkan teknik penghitungan peringkat pada dataset, beralihlah pada alat-alat analisis data (seperti grafik, histogram, dan lain-lain) untuk memudahkan pemahaman informasi dari dataset. Kemudian, simpan dan bagikan dataset hasil pengolahan yang telah selesai dibuat.

Penjelasan dan Tips

Dalam membuat penghitungan peringkat dengan Excel, ada dua teknik: penghitungan peringkat satu titik dan penghitungan peringkat yang tidak sesuai dengan jumlah titik pada rangkaian data.

Selain itu, untuk penghitungan peringkat yang lebih kompleks, Excel menyertakan beberapa fungsi tetap (seperti RANK, AVE, COUNTIF, MAX, SUM, dan lainnya) yang dapat digunakan untuk menghitung peringkat dari rentang waktu tertentu dan banyak variabel lainnya.

Tips 1: Pahami Dasar Excel dengan Baik

Pahami dasar-dasar Excel dengan baik sebelum memulai perhitungan peringkat. Perlu menguasai langkah-langkah yang biasa digunakan dalam perhitungan Excel.

Tips 2: Lakukan Pemurnian Data Untuk Memastikan Akurasi

Penghitungan peringkat harus dimulai dengan pemurnian data, yaitu dengan membersihkan data dari kesalahan dan kesalahan pemrosesan yang mungkin terjadi sebelum memulai penghitungan peringkat.

Tips 3: Jangan Terpaku pada Satu Teknik Perhitungan

Membutuhkan banyak pengalaman untuk menjadi ahli di Excel dan penghitungan peringkat. Sebaiknya eksplorasi teknik penghitungan peringkat yang berbeda untuk menemukan teknik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips 4: Jangan Mengisi Cakupan Data Susah-Susah

Memilih set data yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi hasil perhitungan peringkat karena mempersempit cakupan data akan menyebabkan data yang tidak diperhitungkan.

Tips 5: Buatlah Batasan pada Dataset

Pastikan dataset sesuai dengan tujuan perhitungan peringkat, jika tidak dapat mempengaruhi hasil penghitungan peringkat.

Tips 6: Pilih Format Penomoran yang Sesuai

Masukkan nilai-nilai peringkat ke dalam seluruh cakupan data dalam format yang sesuai dengan jenis data yang digunakan (seperti bilangan bulat, formulir dolar, atau sejenisnya).

Tips 7: Buatlah Visualisasi Data yang Menarik

Visualisasi atau cara yang baik untuk mempresentasikan data peringkat dalam bentuk grafik dan diagram. Dalam hal ini, digital data memungkinkan Anda untuk memanfaatkan grafik dan tabulasi silang untuk menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan efisien.

Tips 8: Rajin Belajar dari Referensi Excel

Belajarlah dari referensi Excel dan bertanya pada orang dari lingkungan akademis atau kantor Anda. Karena Excel merupakan sebuah aplikasi yang sangat popular untuk pengolahan data, karyawan atau kolega Anda mungkin berpengalaman dalam menggunakan Excel untuk melakukan penghitungan peringkat.

Tips 9: Berpraktik secara Rutin dan Terus-menerus

Praktik secara rutin dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam menggunakan Excel. Jangan takut melakukan kesalahan, tetapi pelajari dan gunakan kesalahan-kesalahan tersebut sebagai bahan pembelajaran dalam membuat penghitungan peringkat. Semakin sering berlatih, kemampuan menggunakan Excel akan menjadi semakin baik.

Tips Lainnya  Cara Mudah Duplikat Sheet di Excel

Tips 10: Komunikasikan Hasil

Segera bagikan hasil pengolahan data dan perhitungan peringkat yang telah berhasil digunakan ke dalam bentuk file digital untuk transparansi dan mempermudah orang lain dalam memahami hasil.

Cara Menghitung Ranking di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Membantu dalam pengambilan keputusan secara objektif, karena peringkat diperhitungkan berdasarkan data yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

2. Memudahkan dalam melakukan identifikasi individu atau objek dengan peringkat tertentu dalam daftar yang panjang dan kompleks.

3. Menyederhanakan interpretasi data karena peringkat membantu memberikan gambaran umum tentang posisi masing-masing individu atau objek dalam kelompok yang sama.

4. Memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengetahui perbedaan jumlah antara masing-masing peringkat, dan dengan demikian membantu membedakan antara tingkat kinerja yang sangat berbeda dari satu individu atau objek ke individu atau objek lainnya.

5. Dapat digunakan untuk membandingkan kinerja yang sama di periode waktu yang berbeda.

6. Dapat dikombinasikan dengan alat lain seperti grafik, tabel, atau diagram untuk memperjelas gambaran.

7. Dapat digunakan untuk membuat daftar prioritaskan dan dokumen perencanaan yang terorganisir dengan baik.

8. Memudahkan dalam melakukan perhitungan otomatis untuk hasil yang cepat dan akurat.

9. Dapat dikomersialisasikan sebagai salah satu layanan bisnis yang ditawarkan.

10. Mendukung dalam membuat keputusan yang berdasarkan bukti data yang kuat dan menjadi alat yang berguna dalam presentasi bisnis.

Kekurangan

1. Cara menghitung ranking di Excel kadang-kadang dapat menghasilkan hasil yang keliru karena data yang tidak akurat atau tidak lengkap.

2. Peringkat yang dihasilkan dari cara menghitung ranking di Excel dapat cenderung memberikan gambaran yang sederhana dan tidak lengkap tentang objek atau individu yang diperhitungkan, dan mengabaikan faktor lain yang tidak dapat diukur dalam bentuk angka.

3. Cara menghitung ranking di Excel hanya sesuai untuk data numerik, tidak cocok untuk data yang tidak bersifat numerik.

4. Tidak cocok jika data yang dianalisis berjumlah terlalu sedikit atau hanya terdiri dari beberapa individu atau objek saja.

5. Pemilihan metode perhitungan atau algoritma dapat mempengaruhi hasil yang dihasilkan, sehingga harus dipilih dengan hati-hati.

6. Cara menghitung ranking di Excel memerlukan keahlian khusus sehingga tidak mudah dikuasai oleh orang awam.

7. Perhitungan ranking dapat menjadi rumit jika untuk menghitungnya harus mempertimbangkan beberapa faktor sebagai penilaian, seperti kriteria kualitas produk, biaya, dan nilai pelanggan.

8. Berisiko mengabaikan variasi data.

9. Hasil yang dihasilkan seringkali tidak absolut, tetapi hanya relatif terhadap kelompok yang sama.

10. Kualitas hasil akhir tergantung pada kualitas data yang dipertimbangkan.

FAQ

1. Apa itu ranking di excel?

Ranking di excel adalah cara untuk memberikan peringkat pada sejumlah data dalam tabel excel.

2. Mengapa perlu menghitung ranking di excel?

Penghitungan ranking di excel berguna untuk mengurutkan dan membandingkan data dengan mudah serta membuat analisa tentang data yang ada.

Tips Lainnya  Cara Merubah Excel ke PDF dengan Mudah

3. Bagaimana cara menghitung ranking di excel?

Gunakan formula =RANK(cell,target_range) untuk menghitung ranking di excel.

4. Apa itu cell?

Cell adalah kotak pada tabel excel yang berisi data atau formula.

5. Apa itu target_range?

Target_range adalah kumpulan data yang akan dihitung ranking-nya.

6. Apakah bisa menghitung ranking untuk sebagian data saja?

Ya, bisa. Anda dapat menentukan range data yang ingin dihitung ranking-nya.

7. Apakah formula ranking di excel sama dengan persentase atau rasio?

Tidak. Formula ranking di excel hanya memperlihatkan urutan peringkat dari data yang ada.

8. Apakah jika ada data yang duplikat, akan ada peringkat yang sama?

Ya, data yang duplikat akan memiliki peringkat yang sama.

9. Apakah ranking di excel dapat diatur urutannya?

Ya, dapat. Anda dapat mengatur urutan dari yang terbesar ke terkecil atau sebaliknya.

10. Apakah formula ranking di excel berbeda pada setiap versi excel?

Tidak, formula ranking di excel sama pada setiap versi excel.

11. Bagaimana jika ada data yang kosong atau memiliki huruf bukan angka?

Data yang kosong atau memiliki huruf bukan angka akan dianggap sebagai nilai nol (0) dan tidak akan memengaruhi penghitungan ranking.

12. Ada berapa jenis formula ranking di excel?

Hanya ada satu jenis formula ranking di excel yaitu =RANK(cell,target_range).

13. Apa saja contoh penggunaan ranking di excel?

Contoh penggunaan ranking di excel dapat dilakukan pada data penjualan, data nilai ujian, data kehadiran, dan sebagainya.

Kesimpulan

Menghitung ranking di Excel bisa dilakukan dengan beberapa metode, di antaranya menggunakan fungsi RANK atau menggunakan rumus VLOOKUP dan MATCH. Fungsi RANK bisa digunakan jika kita ingin mengetahui peringkat suatu nilai secara otomatis. Namun, jika kita ingin mengetahui posisi suatu nilai berdasarkan daftar nilai lainnya, rumus VLOOKUP dan MATCH bisa digunakan.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan formatting kondisional untuk mengubah warna suatu sel berdasarkan nilai tertentu. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui secara visual nilai-nilai yang teratas atau terbawah tanpa harus melihat rangking secara keseluruhan.

Namun, pilihan metode yang digunakan tergantung pada kebutuhan kita. Jika kita ingin mengetahui peringkat suatu nilai secara langsung, fungsi RANK bisa digunakan. Namun, jika kita ingin mengetahui posisi suatu nilai berdasarkan daftar nilai lainnya, kita bisa menggunakan rumus VLOOKUP dan MATCH.

Penutup

Menghitung ranking di Excel adalah salah satu dari sekian banyak fitur yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita. Dengan cara ini, kita bisa dengan mudah mengetahui posisi suatu nilai dalam sebuah tabel atau daftar nilai. Namun, tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan formatting kondisional untuk menampilkan visualisasi data yang lebih mudah dipahami.

Dalam membuat laporan atau analisis data, fitur-fitur tersebut bisa sangat membantu kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus memahami dan menguasai berbagai fitur yang disediakan oleh Excel. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!