Cara Mengubah Tanggal di Excel

Selamat datang di dunia Excel

Halo pembaca! Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel? Atau Anda sedang belajar tentang perangkat lunak spreadsheet yang populer ini? Satu hal yang pasti adalah Anda sedang berusaha memahami cara menggunakan program ini dengan optimal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengubah tanggal di Excel. Terkadang, kita harus menekan berbagai angka dan simbol pada keyboard untuk mengubah format tanggal menjadi format standar yang mudah dibaca oleh siapapun. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Karena di sini akan dijelaskan langkah-langkah mudah melakukan transformasi tersebut. Yuk, simak dan pelajari bersama-sama!

Langkah-Langkah Mengubah Tanggal di Excel

1. Buka lembar kerja Excel dan pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda ubah bentuk tanggalnya

Ketika Anda telah membuka Excel, cari lembar kerja yang ingin Anda gunakan dan pilihlah sel atau range of cell yang akan Anda rubah format tanggalnya.

2. Klik perintah “Format Cells”

Setelah memilih sel atau range of cell, pergi ke opsi Home dan cari bagian Number. Di bagian ini, Anda akan melihat perintah “Format Cells”. Klik pada perintah ini dan jendela “Format Cells” akan terbuka.

3. Pilih kategori “Tanggal” dalam tab “Number”

Pada jendela “Format Cells” yang telah terbuka, berbagai kategori kustomisasi akan tersedia. Untuk mengubah format tanggal, pilihlah kategori “Tanggal”. Di dalam kategori “Tanggal” ini, akan tersedia berbagai pilihan format tanggal untuk Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

4. Pilih format tanggal yang Anda inginkan

Berikutnya, pilihlah format tanggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak pilihan format yang tersedia di dalam kategori “Tanggal”. Anda bisa memilih format yang sudah ada atau membuatnya Anda sendiri dengan meng-klik tombol “Custom”.

5. Klik “Ok” untuk menyelesaikan proses

Setelah memilih format yang diinginkan, klik “Ok” pada jendela “Format Cells”. Format baru akan segera diterapkan pada sel atau ranges of cell yang telah dipilih sebelumnya.

6. Gunakan shortcut keyboard untuk mengubah format tanggal

Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk mengubah format tanggal. Dalam mode editing di sel, tekan kombinasi tombol “Ctrl + 1” di keyboard Anda. Hal ini akan membuka jendela “Format Cells” secara langsung. Anda bisa memilih kategori “Tanggal” dan memilih format yang diinginkan.

7. Pilih dalam format angka

Anda dapat mengubah tanggal menjadi format angka di Excel, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Misalnya, tanggal 23 Desember 2021 dapat diubah menjadi angka format 44399. Hal ini dapat berguna ketika kita ingin menghitung jumlah hari antara dua tanggal.

8. Gunakan fungsi “TEXT”

Anda dapat menggunakan fungsi “TEXT” di Excel untuk mengubah format tanggal, seperti “DD/MM/YYYY” atau “MM/DD/YYYY”. Fungsi ini akan mengubah tanggal menjadi string teks dan akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan format tanggal yang diinginkan. Anda dapat menambahkan parameter lain untuk membuat format yang lebih kompleks dan menyesuaikan format tepat sesuai keinginan Anda.

9. Gunakan perintah “Text to Columns”

Anda dapat menggunakan perintah “Text to Columns” di Excel untuk membuka jendela memudahkan untuk mengubah format tanggal. Perintah ini dapat membantu Anda memisahkan tanggal dan waktu dari sel. Anda bisa memilih kategori “Tanggal” dan memilih format yang diinginkan.

10. Gunakan formula “DAY”, “MONTH”, atau “YEAR”

Anda juga dapat menggunakan rumus di Excel untuk memecah format tanggal menjadi komponen-komponennya seperti hari, bulan, dan tahun. Rumus yang bisa digunakan antara lain “DAY”, “MONTH”, dan “YEAR”.

Tips Lainnya  Cara Menghitung Jumlah di Excel

11. Menerapkan aturan format dalam “Conditional Formatting”

Anda dapat menggunakan aturan format dalam “Conditional Formatting” di Excel untuk memformat sel atau rentang sel berdasarkan tanggal tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan aturan untuk memformat sel yang berisi tanggal yang lebih awal dari hari ini dalam warna merah atau sel yang berisi tanggal yang lebih lambat dari sebuah tanggal yang disetujui.

12. Gunakan Add-ins

Anda juga dapat menggunakan add-ins atau extension pada Excel untuk membuat Anda lebih mudah dalam mengubah format tanggal. Ada banyak add-ons yang tersedia di pasar, berbagai add-ins selalu menjadi solusi terbaik dan alternatif yang bagus ketika bekerja di Excel.

Penjelasan

     Seperti yang telah dijelaskan dalam langkah-langkah sebelumnya, mengubah format tanggal di Excel sebenarnya mudah dan cukup sederhana dilakukan ketika Anda telah memahami bagaimana cara melakukannya. Ada banyak pilihan format tanggal yang tersedia yang dapat Anda gunakan sesuai keperluan atau kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tambahan di Excel, seperti shortcut keyboard, rumus, atau menggunakan extension atau add-ins yang tersedia pada pasar.

Tips dan Trik

1. Gunakan aturan format kondisional di sel

Anda dapat memanfaatkan aturan format kondisional untuk cepat memformat sel berdasarkan nilai atau teks tertentu, termasuk tanggal!

2. Gunakan add-in untuk membuat rumus yang lebih kompleks

Anda dapat mencari dan menggunakan add-in tambahan, seperti Power Pivot atau Solver, untuk membuat rumus dan formula yang lebih kompleks dan akan membantu Anda dalam proses pengolahan data yang lebih kompleks.

3. Memilih format yang sesuai

Pastikan Anda memilih format tanggal yang sesuai dengan keperluan Anda. Misalnya, ketika Anda ingin menggunakan format tanggal untuk menghitung jumlah hari, pilih format tanggal yang direpresentasikan dengan nomor atau angka.

4. Gunakan format angka ketika ingin menghitung jumlah hari

Mengubah tanggal menjadi format angka adalah cara yang efektif untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal, dengan mudah bisa menggunakan rumus matematika sederhana di Excel.

5. Pilih format internasional

Ketika Anda bekerja dengan orang dari negara lain yang menggunakan format tanggal yang berbeda, Anda mungkin harus memilih format internasional di Excel agar mudah dipahami oleh siapapun.

6. Tes sebelum membagikan atau mengirim file Excel

Sebelum membuat, menyimpan, atau mengirimkan file Excel ke orang lain, pastikan seluruh format berjalan dengan baik dan mudah dipahami oleh siapa pun. Tes dan periksa setiap format sebelum mengirim atau membagikan.

7. Selalu menyimpan file Excel Anda

Pastikan Anda selalu menyimpan file Excel yang sedang Anda kerjakan, jangan terlambat dan pastikan Anda menyimpan file tersebut dengan benar dan selalu mem-backup secara rutin.

8. Pilih format tanggal yang konsisten di seluruh lembar kerja

Pastikan format tanggal yang Anda gunakan konsisten di seluruh lembar kerja Anda. Ini akan memudahkan Anda dan pengguna lain memahami dan memanipulasi data dengan lebih mudah.

9. Perbarui format tanggal secara berkala

Pastikan Anda memperbarui format tanggal secara berkala, terutama ketika mencoba memperbarui lembar kerja atau ketika menerima lembar kerja dari orang lain. Cek dan perbarui format tanggal secara teratur agar mudah dipahami oleh orang lain.

10. Jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut tentang Excel

Mempelajari cara menggunakan Excel dan fitur-fiturnya akan sangat membantu dan meningkatkan produktivitas Anda. Ada banyak tutorial online atau course yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda memperdalam kemampuan dalam menggunakan Excel.

Tips Lainnya  Cara Menghapus Cell Kosong di Excel

Cara Mengubah Tanggal di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mudah digunakan – Mengubah tanggal di Excel dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, bahkan oleh pemula sekalipun.

2. Akurasi data – Dapat memastikan bahwa data yang diinputkan pada cel tabel akan akurat karena format tanggal yang telah disesuaikan.

3. Menyajikan data dengan ringkas – Dapat mengubah data bulanan dan tahunan menjadi ringkas sehingga mudah dibaca dan dipahami.

4. Fitur cerdas – Excel juga menyediakan fitur cerdas seperti penghitungan otomatis pada tanggal tertentu, serta penghitungan rentang waktu.

5. Kompatibilitas – Format tanggal yang diubah dengan Excel dapat dibuka dengan aplikasi lain seperti Google Sheets dan LibreOffice.

6. Fleksibilitas – Dapat merubah format tanggal untuk mencocokkan standar internasional, atau bahkan mengikuti kebijakan perusahaan.

7. Memudahkan analisis – Dapat membantu mengatur data dan membantu pencarian kesalahan ketika melakukan analisis.

8. Mempermudah tugas administratif – Dapat menghemat waktu dan tenaga, terutama pada tugas administratif seperti pembuatan laporan keuangan dan perkantoran lainnya.

9. Tampilan yang menarik – Dapat memperlihatkan data dalam tampilan yang menarik dan mudah dipahami oleh orang lain.

10. Mempercepat pekerjaan – Dapat mempercepat pekerjaan karena memungkinkan operator untuk membuat rumus secara otomatis.

Kekurangan

1. Memerlukan pemahaman – Meskipun mudah digunakan, fungsi mengubah tanggal di Excel memerlukan pemahaman pada cara memanipulasi tanggal agar lebih efektif.

2. Menghamburkan biaya – Full version dari Microsoft Excel yang memiliki fitur tambahan seringkali cukup mahal bagi pengguna individu, menyebabkan mereka harus mencari alternatif yang lebih murah.

3. Mudah Salah Saat Penginputan – Format tanggal yang salah akan mengakibatkan perubahan besar dalam hasil akhir Anda, menyebabkan kerusakan dan kesalahan pada data.

4. Fungsi memiliki keterbatasan – Terkadang Excel tidak dapat melakukan operasi yang rumit seperti membandingkan rentang waktu antara dua tanggal tertentu.

5. Kurang Bersifat Dynamic – Saat melakukan perubahan format tanggal di Excel, data Anda tidak akan otomatis mendapatkan perubahan yang sama dalam sepanjang riwayat rekaman.

6. Kurang Cocok untuk Pengguna Tertentu – Pengguna yang tidak terbiasa menggunakan teknologi atau tabel, dapat merasa kesulitan menggunakan program Excel.

7. Kurang Dapat Dipercaya – Data yang telah diinputkan ke dalam tabel Excel tidak selalu akurat jika operator tidak berhati-hati, menyebabkan permasalahan dan kesalahan di kemudian hari.

8. Sebagian besar fitur lebih disukai untuk pemula – Bagi pengguna tingkat lanjut, Excel seringkali memerlukan tindakan tambahan seperti mengedit kode untuk mencapai tujuan tertentu.

9. Memerlukan koneksi internet – Merubah tanggal di Excel secara online memerlukan koneksi internet yang cepat untuk mempercepat fungsi dan menyimpan data.

10. Masih menimbulkan kesalahan pada data karena format tanggal yang belum terstandarisasi di antara pengguna.

FAQ

1. Bagaimana cara mengubah format tanggal di Excel?

Anda dapat mengubah format tanggal di Excel dengan masuk ke menu Format Cell dan memilih opsi format tanggal yang diinginkan.

2. Bagaimana cara mengubah format tanggal menjadi format pecahan angka di Excel?

Anda perlu mengkonversi format tanggal menjadi angka terlebih dahulu dengan cara menggunakan fungsi =VALUE(tanggal) dan kemudian mengubah format angka menjadi pecahan.

3. Apakah ada pintasan keyboard untuk mengubah format tanggal di Excel?

Ya, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + 3 untuk mengubah format tanggal menjadi format tanggal yang disematkan. Sedangkan, pintasan keyboard Ctrl + Shift + 1 untuk mengubah format tanggal menjadi format angka konvensional.

Tips Lainnya  Cara Menampilkan Angka 0 di Excel

4. Bagaimana cara menambah tanggal di Excel?

Anda dapat menambahkan tanggal di Excel dengan menggunakan fungsi =DATE(tahun,bulan,hari). Misalnya, =DATE(2021,6,30) akan menghasilkan tanggal 30 Juni 2021.

5. Bagaimana cara mengurangi tanggal di Excel?

Anda dapat mengurangi tanggal di Excel dengan menggunakan fungsi =DATE(tahun,bulan,hari) dan dikurangkan dengan jumlah hari tertentu. Misalnya, =DATE(2021,6,30)-7 akan menghasilkan tanggal 23 Juni 2021.

6. Bagaimana cara menghitung selisih antara dua tanggal di Excel?

Anda dapat menggunakan fungsi =DATEDIF(tanggal_awal,tanggal_akhir,”unit_waktu”). Misalnya, =DATEDIF(“1 Januari 2021″,”31 Desember 2021″,”d”) akan menghasilkan selisih 364 hari atau 1 tahun.

7. Apa itu format tanggal ISO di Excel?

Format tanggal ISO di Excel adalah format standar internasional untuk menuliskan tanggal dalam format tahun-bulan-hari (YYYY-MM-DD).

8. Bagaimana cara mengubah format tanggal menjadi format ISO di Excel?

Anda dapat mengubah format tanggal menjadi format ISO di Excel dengan menggunakan format kustom dengan tata letak “yyyy-mm-dd”.

9. Bagaimana cara memisahkan tanggal, bulan, dan tahun dari sebuah sel dalam Excel?

Anda dapat menggunakan fungsi =DAY(tanggal), =MONTH(tanggal), dan =YEAR(tanggal) untuk memisahkan tanggal, bulan, dan tahun dari sebuah sel tertentu di Excel.

10. Bagaimana cara menyembunyikan bulan dan tahun dari format tanggal di Excel?

Anda dapat menggunakan format kustom dengan tata letak “dd” untuk menyembunyikan bulan dan tahun dari format tanggal di Excel.

11. Bagaimana cara menampilkan nama bulan dalam format tanggal di Excel?

Anda dapat menggunakan format kustom dengan tata letak “dd mmmm yyyy” untuk menampilkan nama bulan dalam format tanggal di Excel.

12. Bagaimana cara menampilkan nama hari dalam format tanggal di Excel?

Anda dapat menggunakan fungsi =TEXT(tanggal,”dddd”) untuk menampilkan nama hari dalam format tanggal di Excel.

13. Bagaimana cara mengubah bahasa format tanggal di Excel?

Anda dapat mengubah bahasa format tanggal di Excel dengan mengubah pengaturan bahasa di menu Opções.

Kesimpulan

Excel merupakan salah satu program komputer yang wajib dipelajari bagi setiap orang yang ingin meningkatkan karir dan produktivitasnya. Salah satu fitur yang mungkin sering digunakan namun masih sulit dipahami adalah cara mengubah tanggal di Excel. Namun, dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, diharapkan pembaca dapat dengan mudah mengubah format tanggal di Excel sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam mengubah tanggal di Excel, terdapat beberapa format yang dapat digunakan, seperti format tanggal bulan, format tanggal bulan tahun, format hari tanggal bulan tahun, dan format waktu. Setelah memilih format yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengatur cara menampilkan data tanggal di Excel menggunakan opsi Format Cell yang disediakan.

Tak hanya itu, pemahaman mengenai tip dan trik tambahan dalam mengubah format tanggal di Excel dapat mempercepat pekerjaan dan meningkatkan efisiensi pada proses kerja Anda. Oleh sebab itu, penting untuk terus belajar dan mengembangkan keahlian menggunakan program Excel demi meningkatkan produktivitas dan kemampuan profesional Anda.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam mengubah tanggal di Excel. Jangan lupa terus berlatih dan mencoba hal-hal baru agar dapat memaksimalkan kemampuan dengan program ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk menghubungi kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!