Cara Ngeprint di Excel

Selamat Datang di Dunia Excel: Ingin Tahu Cara Ngeprint di Excel? Kita Bahas di Sini!

Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer dan digunakan di seluruh dunia. Salah satu fitur yang sangat berguna di dalamnya adalah kemampuannya untuk mencetak lembar kerja yang telah kita buat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas 12 langkah-langkah untuk mencetak lembar kerja di Excel, serta beberapa tips tambahan agar pencetakan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Langkah-Langkah Mencetak Lembar Kerja di Excel

Langkah 1: Memilih Lembar Kerja

Sebelum mencetak lembar kerja, pastikan bahwa lembar kerja yang ingin dicetak telah dipilih. Klik pada lembar kerja yang ingin dicetak untuk memilihnya.

Langkah 2: Menentukan Area Cetak

Setelah memilih lembar kerja yang ingin dicetak, klik pada bagian “File” pada menu bar dan pilih “Print”. Pada jendela “Print”, pastikan bahwa area cetak sudah benar. Jika tidak, atur ulang dengan cara memilih “Page Setup” dan menentukan rentang sel yang ingin dicetak.

Langkah 3: Mengatur Ukuran dan Orientasi Kertas

Jika ukuran atau orientasi kertas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, klik pada opsi “Paper Size”. Pilih ukuran kertas dan orientasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 4: Menentukan Jumlah Salinan

Setelah menentukan ukuran dan orientasi kertas yang diinginkan, tentukan jumlah salinan yang akan dicetak.

Langkah 5: Menentukan Kualitas Cetak

Anda juga dapat memilih kualitas cetak yang diinginkan pada opsi “Print Quality”. Jika Anda ingin mencetak dengan kualitas tinggi, pastikan Anda telah mempersiapkan tinta yang cukup.

Langkah 6: Menambahkan Judul Halaman

Untuk memperjelas isi dokumen, Anda dapat menambahkan judul halaman. Klik pada opsi “Header” dan tambahkan judul sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 7: Mencetak Grid Lines

Default dari Excel adalah tidak mencetak grid lines. Jika Anda ingin mencetak grid lines tersebut, klik pada opsi “Page Setup” dan pilih opsi “Print Grid Lines”.

Langkah 8: Mencetak Formula dalam Sel

Jika Anda ingin mencetak rumus yang ada dalam sel, centang opsi “Formula” pada opsi “Print”.

Langkah 9: Mencetak Comments

Jika Anda ingin mencetak komentar yang ada dalam lembar kerja, centang opsi “Comment” pada opsi “Print”.

Langkah 10: Menentukan Jenis Print

Anda dapat memilih jenis print yang diinginkan pada opsi “Print”. Pilihan yang tersedia antara lain “Portrait” dan “Landscape”. Pilih jenis print yang sesuai dengan kebutuhan.

Langkah 11: Memilih Printer

Setelah semua opsi sudah diatur, Anda dapat memilih printer yang ingin digunakan. Pastikan printer yang digunakan terhubung dengan komputer dan telah siap digunakan.

Langkah 12: Mencetak Lembar Kerja

Setelah semua langkah di atas diatur dengan benar, klik pada opsi “Print” pada jendela “Print” untuk mencetak lembar kerja. Pastikan Anda memiliki kertas di dalam printer dan siap untuk digunakan.

Tips dan Trik Agar Pencetakan di Excel Berjalan dengan Lancar

Tip 1: Memilih Area Cetak yang Benar

Pilih area cetak yang benar agar hasil cetakan tidak sia-sia. Jangan mencetak seluruh lembar kerja jika hanya beberapa sel yang dibutuhkan.

Tips Lainnya  Cara Menggunakan VLOOKUP di Excel

Tip 2: Menentukan Ukuran Kertas yang Sesuai

Pastikan ukuran kertas yang dipilih cocok dengan area cetak yang diinginkan. Jangan memilih ukuran kertas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk mencetak lembar kerja.

Tip 3: Mengatasi Masalah Kertas Macet

Jika kertas macet terjadi saat mencetak lembar kerja, matikan printer dan cek kertas yang macet. Kemudian, lepaskan kertas yang macet dan bersihkan kertas di dalam printer sebelum mencetak lagi.

Tip 4: Menentukan Kertas yang Cocok dengan Printer

Pastikan kertas yang digunakan cocok dengan printer yang Anda gunakan. Jangan menggunakan kertas yang terlalu tebal atau terlalu tipis untuk printer tertentu.

Tip 5: Mengatur Margin dengan Benar

Margin yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat mengganggu hasil cetakan. Atur margin dengan benar agar hasil cetakan lebih rapi dan mudah untuk dibaca.

Tip 6: Memperbarui Driver Printer

Jika printer mengalami masalah, pastikan Anda telah memperbarui driver printer ke versi terbaru. Hal ini dapat memperbaiki masalah dan meningkatkan kinerja printer.

Tip 7: Mencetak Sebagai PDF

Jika Anda ingin memperlihatkan hasil cetakan di komputer lain, cobalah mencetak lembar kerja di Excel sebagai file PDF. Hal ini akan mempermudah untuk dibagikan dan diakses dari komputer manapun.

Tip 8: Menyimpan Pengaturan Cetak

Setelah mengatur semua opsi cetak, simpan pengaturan tersebut agar mudah untuk dipakai di kesempatan lain.

Tip 9: Memeriksa Lembar Kerja Sekali Lagi Sebelum Mencetak

Sebelum mencetak, pastikan bahwa semua hal yang perlu dicetak telah disiapkan dengan benar. Jangan lupa untuk memeriksa kembali area cetak, jumlah salinan, dan jenis print yang telah dipilih.

Tip 10: Mengatur Hasil Cetakan dengan Rapi

Setelah mencetak, pastikan hasil cetakan diatur dengan rapi. Jangan biarkan hasil cetakan berantakan dan susah dibaca. Atur hasil cetakan dalam file map atau folder yang sesuai.

Cara Ngeprint di Excel: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mudah digunakan: Print area dapat dengan mudah diatur dan dibuat di Excel.

2. Dapat diatur dengan spesifikasi yang tinggi: Pengaturan dapat dilakukan pada semua aspek pencetakan termasuk jenis kertas, ukuran kertas, margin, dan bahkan orientasi kertas.

3. Dapat menampilkan preview: Fungsi preview dapat memberikan gambaran tentang bagaimana data akan terlihat setelah diprint sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan sebelum data diprint.

4. Menyimpan waktu dan tenaga: Dalam hal dokumentasi, mencetak di Excel dapat menyimpan waktu dan tenaga versi manual.

5. Dapat membuat struktur data yang mudah dibaca: Pengaturan kolom dan baris dalam Excel dapat membantu membuat struktur data yang mudah dibaca sehingga data dapat dengan mudah diprint.

Tips Lainnya  Cara Membuat Rumus IF di Excel

6. Dapat menambahkan header dan footer: Dapatkan kesan profesional dengan menambahkan header dan footer pada lembaran kerja Anda.

7. Memiliki banyak bentuk tampilan laporan: Ada banyak tampilan laporan yang dapat Anda gunakan sehingga data dapat disajikan dalam bentuk yang mudah dibaca.

8. Dapat menjalankan macro sebelum diprint: Macro Excel dapat menjalankan perintah yang dapat membuat pengaturan dan persiapan sebelum data diprint.

9. Format dapat disesuaikan: Excel dapat memungkinkan format yang disesuaikan agar data terlihat lebih menarik dan mudah dibaca.

10. Tersedia opsi cetak: Opsi cetak Excel dapat mengatur agar data dicetak dalam mode cetak area atau semua data pada lembar kerja.

Kekurangan

1. Potensi kesalahan: Cetakan yang salah atau pengaturan area yang salah dapat menyebabkan kesalahan dalam pengiriman laporan.

2. Keterbatasan ukuran kertas: Excel hanya dapat dicetak pada kertas dengan ukuran yang dapat ditentukan.

3. Marginal kehilangan data: Di beberapa kasus, bagian data dapat hilang di ketinggian atau lebar tertentu dalam operasi pencetakan.

4. Memerlukan pemahaman yang baik tentang Excel: Untuk mengatur fungsi cetak di Excel dengan benar, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang kemampuan fungsi Excel.

5. Memerlukan waktu yang cukup: Menyiapkan data dan mengatur cetakan dapat memakan waktu yang cukup, terutama untuk data yang lebih besar.

6. Banyak pemeliharaan: Data Excel harus selalu pemeliharaan rutin agar data dapat diselesaikan dengan tepat dan pengaturan mendapat perbaikan sesuai kebutuhan.

7. Memerlukan mesin yang memadai: Excel akan memerlukan mesin printer yang dapat menangani hasil cetakan berkualitas tinggi dengan baik.

8. File terlalu besar: Jika dokumen di Excel terlalu besar, cetakan dapat memakan banyak waktu dan dapat membebani mesin printer.

9. Tidak cocok untuk gambar: Gambar dalam Excel dapat hilang atau tidak terlihat jelas pada saat pencetakan.

10. Bawah tepi terpotong: Beberapa printer tidak dapat mencetak margin ekstremitas atau garis tepi dokumen.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan cara ngeprint di Excel?

Cara ngeprint di Excel adalah cara untuk mencetak atau mencetak dokumen yang telah dibuat di software Microsoft Excel.

2. Apa yang perlu dipersiapkan sebelum mencetak dokumen di Excel?

Sebelum mencetak dokumen di Excel, pastikan Anda sudah menyusun dokumen dengan baik, memilih ukuran kertas yang sesuai, dan mengatur margin.

3. Bagaimana cara mengatur margin sebelum mencetak di Excel?

Untuk mengatur margin sebelum mencetak di Excel, klik pada tab “Page Layout”, pilih “Margins”, lalu pilih margin yang diinginkan.

4. Bagaimana cara menentukan ukuran kertas sebelum mencetak di Excel?

Untuk menentukan ukuran kertas sebelum mencetak di Excel, klik pada tab “Page Layout”, pilih “Size”, lalu pilih ukuran kertas yang diinginkan.

5. Bagaimana cara mencetak dokumen di Excel?

Untuk mencetak dokumen di Excel, klik pada tab “File”, pilih “Print”, lalu klik pada tombol “Print” lagi.

Tips Lainnya  Cara Mudah Print Semua Sheet di Excel

6. Apakah bisa mengecek preview dokumen sebelum mencetak di Excel?

Ya, bisa. Untuk mengecek preview dokumen sebelum mencetak di Excel, klik pada tab “File”, pilih “Print”, lalu klik pada tombol “Print Preview”.

7. Apa yang harus dilakukan jika dokumen tidak muat di satu halaman saat mencetak di Excel?

Jika dokumen tidak muat di satu halaman saat mencetak di Excel, Anda bisa menggunakan fitur “Scaling” pada menu “Print” untuk memperkecil ukuran dokumen atau menggunakan opsi “Fit Sheet on One Page”.

8. Bagaimana cara mengganti warna font dalam dokumen Excel sebelum mencetak?

Untuk mengganti warna font dalam dokumen Excel sebelum mencetak, pilih teks yang ingin diganti warnanya, lalu klik pada tab “Home” dan pilih warna font yang diinginkan pada menu “Font Color”.

9. Bagaimana cara mencetak beberapa sheet secara bersamaan di Excel?

Untuk mencetak beberapa sheet secara bersamaan di Excel, pilih sheet yang Anda inginkan dengan menekan tombol “Ctrl” dan mengklik masing-masing sheet dengan mouse, lalu ikuti langkah-langkah mencetak dokumen seperti biasa.

10. Apakah bisa mengatur orientasi halaman sebelum mencetak di Excel?

Ya, bisa. Untuk mengatur orientasi halaman sebelum mencetak di Excel, klik pada tab “Page Layout”, pilih “Orientation”, lalu pilih jenis orientasi yang diinginkan (potrait atau landscape).

11. Bagaimana cara mengatur header dan footer sebelum mencetak di Excel?

Untuk mengatur header dan footer sebelum mencetak di Excel, klik pada tab “Insert”, pilih “Header & Footer”, lalu masukkan teks atau gambar yang ingin dimasukkan pada header atau footer.

12. Bagaimana cara mencetak hanya beberapa sel tertentu di Excel?

Untuk mencetak hanya beberapa sel tertentu di Excel, pilih sel-sel yang ingin dicetak, klik pada tab “File”, pilih “Print”, lalu pilih opsi “Print Selection” pada bagian “Print What”.

13. Bagaimana cara mengatur fitur cetak area di Excel?

Untuk mengatur fitur cetak area di Excel, pilih area yang ingin dicetak, klik pada tab “Page Layout”, pilih “Print Area”, lalu pilih opsi “Set Print Area”.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah memahami cara ngeprint di Excel dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dibahas di atas, Anda akan memiliki hasil print yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, dengan mengetahui cara ngeprint di Excel, tentunya pekerjaan di kantor atau tugas kuliah akan lebih memudahkan dan efisien. Yuk, terus belajar dan mengembangkan kemampuan Anda menggunakan Excel!

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara ngeprint di Excel. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi pembaca semua. Ingat, jangan takut untuk terus mencoba dan belajar. Dengan berlatih, tentunya keterampilan Anda akan semakin terasah dan meningkat. Terima kasih sudah menyimak artikel ini. Jumpa lagi dalam artikel menarik dan bermanfaat lainnya di situs kami!