Cara Ngeprint Excel Tanpa Terpotong

Cara Ngeprint Excel Tanpa Terpotong

Mungkin Anda sering mengalami masalah saat mencetak dokumen excel, di mana setiap kali mencetak, selalu ada bagian yang terpotong atau terpangkas. Hal ini memang sangat menjengkelkan dan dapat membuang waktu dan energi Anda. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara ngeprint excel tanpa terpotong. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari 12 langkah-langkah untuk melakukan pencetakan data excel yang sempurna. Yuk, simak selengkapnya!

Pendahuluan

Sebagai pengguna Excel, Anda pasti sepakat jika mencetak dokumen excel itu hal yang sangat penting. Dan tentu saja, Anda ingin hasil cetakan yang baik dan rapi. Namun, laporan atau dokumen yang terpotong dapat membuat hasil cetakan Anda tidak presentabel. Itu sebabnya penting untuk tahu cara ngeprint excel tanpa terpotong, dan itulah hal yang akan kita bahas pada artikel ini. Mari simak 12 langkah-langkah praktis untuk melakukan pencetakan dokumen excel tanpa ada bagian yang terpotong.

Langkah-Langkah Cara Ngeprint Excel Tanpa Terpotong

1. Pengaturan Margin

Pengaturan margin sangat penting untuk mengoptimalkan ruang pencetakan, sehingga tidak ada bagian yang terpotong. Untuk melakukan pengaturan margin, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih tab “Page Layout”.
2. Klik “Margins”.
3. Pilih “Custom Margins”.
4. Tentukan margin sesuai kebutuhan Anda. Kami merekomendasikan: top: 1.27, bottom: 1.27, left: 0.63, right: 0.63.

Dengan pengaturan margin yang tepat, jarak antar sel akan cukup besar sehingga terhindar dari terpotong saat mencetak.

2. Pengaturan Kertas

Untuk menghindari bagian dokumen yang terpotong saat mencetak, pastikan saja pengaturan kertas sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan dokumen yang Anda cetak. Langkah-langkahnya sangat mudah:

1. Pilih tab “Page Layout”.
2. Klik “Size”.
3. Pilih “More Paper Sizes”.
4. Tentukan ukuran kertas sesuai dengan dokumen Anda plus margin.

Setelah itu, Anda akan tahu persis ukuran kertas yang benar dan siap digunakan saat mencetak dokumen excel.

3. Mengenali Arah Halaman

Mengetahui arah halaman pada dokumen excel sangat membantu ketika Anda akan mencetak data dalam skala kecil atau besar. Arakan pada halaman dapat ditentukan melalui menu Page Layout, atau Ctrl+P.

1. Pilih Print Area.
2. Pilih Print Titles.
3. Atur arahan halaman.
4. Ulangi langkah sebelumnya untuk Print Areas.

Dengan memperhatikan arah halaman, Anda akan tahu bagaimana mengelola jarak sel yang lebih baik sehingga mencetak dokumen excel tanpa terpotong semakin mudah.

4. Menentukan Skala Cetakan

Berikutnya mungkin adalah menentukan skala cetakan, yaitu cara memperkecil atau memperbesar ukuran cetakan. pelakukan ini sangat penting untuk memastikan semua data dalam dokumen excel tetap dapat terlihat dengan baik pada saat dicetak. Langkah-langkahnya sangat mudah:

1. Pilih tab “Page Layout”.
2. Klik “Scale to Fit”.
3. Pilih opsi “Fit All Columns On One Page”.
4. Klik OK.

Seluruh kolom dari sebuah data dapat dicetak dalam satu halaman, sehingga Anda tak perlu khawatir akan ada sel yang terpotong atau tidak bisa terbaca.

5. Pemberian Nama pada Sheet

Memberikan nama pada setiap sheet sangat membantu Anda dalam mengelola dokumen excel. Namun, hal ini juga memperlihatkan akan pentingnya menentukan nama print area.

1. Pilih “Sheet”.
2. Pilih opsi “Rename”.
3. Tentukan nama sheet sesuai keinginan Anda.

Dengan memberi nama sheet, Anda akan lebih mudah melakukan tracking pada dokumen excel. Anda juga dapat menentukan nama print area ketika sebelum mencetak dokumen tersebut.

6. Mengelola Print Area

Dalam membuat dokumen excel yang ingin di cetak tanpa terpotong, maka Anda harus sangat berhati-hati dalam menyusun data dan mengelola print area.

1. Pilih “Format”.
2. Pilih “Print Area”.
3. Pilih “Clear Print Area”.
4. Pilih opsi “Set Print Area”.

Dengan hanya mengatur print area, Anda akan mengetahui ukuran dokumen cetakan secara tepat dan mudah untuk mengelolanya.

7. Mencetak Semua Data Anda

Ketika mencetak, pastikan Anda mencetak semua data yang Anda butuhkan. Dalam kebanyakan kasus, banyak orang merasa harus memilih sebagian kecil data untuk mencetak. Namun, itu justru akan membuat bagian yang terpotong saat mencetak dokument excel.

Tips Lainnya  Cara Membuat Header di Excel

1. Klik “File”.
2. Klik “Print”.
3. Pilih opsi “Entire Workbook”.

Langkah ini akan menjamin bahwa secara otomatis seluruh data yang Anda butuhkan dicetak, sehingga tak ada potongan data yang hilang.

8. Pengaturan Halaman Awal dan Akhir

Dalam pengaturan pencetakan excel, maka Anda juga perlu menentukan halaman awal dan akhir pada dokumen excel yang akan dicetak.

1. Pilih “Page Setup”.
2. Pilih “Print Titles”.
3. Atur baris dan kolom awal pada dokumen cetakan yang akan dicetak.
4. Tentukan baris dan kolom akhir.

Dengan pengaturan yang tepat ini, maka Anda akan memiliki ruang pencetakan lebih sempit dan efektif.

9. Mengelola Ukuran Cetakan

Dalam menjalankan proses percetakan dokumen excel, hal yang paling krusial adalah mengetahui bagaimana ukuran cetakan data mencetak, tanpa adanya potongan.

1. Pilih tab “Page Layout”.
2. Klik “Size”.
3. Pilih “More Paper Sizes”.
4. Tentukan ukuran kertas.

Hal ini akan sangat membantu ketika Anda merasa dokumen Anda terlalu lebar atau panjang. Ukuran kertas yang sesuai akan membuat proses percetakan semakin sempurna.

10. Memeriksa Dokumen Excel

Pastikan dokumen Excel Anda telah diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan. Bacalah satu per satu informasi, dan periksa jumlah informasi dan format cetakan yang benar. Sehingga, akan ada lebih banyak kualifikasi untuk mencetak data yang pada akhirnya akan mencegah terpotong pada dokumen excel.

11. Menggunakan Fungsi Preview

Selain melakukan periksaan, Anda juga dapat mengecek hasil cetakan dengan menggunakan fungsi preview. Ini sangat membantu Anda dalam proses percetakan, karena Anda dapat melihat hasil akhirnya dan melakukan pengaturan jika perlukan.

1. Pilih “File”.
2. Pilih “Print Preview”.
3. Sesuaikan pengaturan untuk dapat melihat tampilan pada dokumen excel.

Fungsi Preview ini sangat penting sebelum melakukan pencetakan, sehingga Anda akan tahu hasil cetakan sebelum melihat hasil cetakan sebenarnya.

12. Menggunakan Shortcut Cetak

Ketika telah melakukan pengaturan pencetakan yang tepat, Anda dapat menggunakan shortcut untuk lebih cepat mencetak dokumen excel tanpa perlu memilih opsi-opsi terlebih dahulu. Anda cukup tekan Ctrl+P, dan dokumen excel siap dicetak.

Penjelasan dan Tips

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda untuk mencetak dokumen excel dengan sempurna tanpa ada bagian yang terpotong. Selain itu, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda terapkan saat mencetak dokumen excel:

1. Gunakan font yang lebih kecil jika memungkinkan, gunakan font yang jelas dan mudah terbaca.
2. Gunakan warna cetakan yang tepat, dan perhatikan kecukupan jumlah tinta di printer.
3. Sebelum mencetak, pastikan printer Anda siap untuk mencetak dan dalam kondisi yang baik.
4. Periksa settingan printer, sesuaikan dengan kondisi dokument Anda.
5. Mencetak baik dengan printer kertas ataupun printer seperti PDFCreator.

1. Gunakan Font Yang Tepat.

Pastikan font yang Anda gunakan tidak terlalu besar dan mudah terbaca. Menggunakan font yang lebih kecil bisa membantu kita mencetak lebih banyak data dalam satu kali print. Namun, perhatikan juga bahwa font yang terlalu kecil juga sulit dibaca dan kadang membuat kemacetan saat membaca.

2. Menggunakan Warna Cetakan yang Tepat.

Pilihan warna cetakan sangat penting ketika hendak mencetak. Pilih kombinasi warna antara latar belakang dan karakter sesuai selera Anda. Hindari menggunakan warna yang terlalu pucat, karena sulit terbaca. Jika memungkinkan, lebih baik mencetak menggunakan warna monokrom atau hitam putih.

3. Mengatur Tinta Printer.

Anda harus memastikan bahwa tinta printer dalam kondisi yang baik. Ini adalah salah satu faktor penting dalam proses percetakan excel tanpa terpotong. Bagi mereka yang menggunakan cartridge, gunakan dua cara indicasi-standby pada printer untuk mengetahui hasil tinta seperti apa.

4. Periksa Pengaturan Printer.

Setiap printer biasanya memiliki pengaturan cetakan sendiri. Periksa pengaturan ini, sesuaikan dengan kebutuhan dokumen cetakan. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah printer telah siap atau tidak untuk melakukan pencetakan data.

5. Menggunakan Printer yang Dapat Mencetak Dokumen Lebih Mudah dan Cepat.

Ada banyak printer yang memang didesain khusus untuk mencetak data excel. Beberapa model printer dirancang untuk mencetak dokumen excel dengan cekatan, dan hasil cetakan yang baik pula. Pastikan, printer yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk menghandle tugas percetakan dokumen excel Anda.

Tips Lainnya  Cara Membuat Daftar Hadir di Excel

6. Merapikan Data pada Dokumen Excel.

Merapikan data pada dokumen Excel merupakan cara efektif untuk memudahkan proses cetak di Excel. Setiap data yang ada pada lembar kerja pada dokumen excel harus dirapikan terlebih dahulu, supaya saat dicetak akan tampil rapi dan enak dipandang.

7. Mencetak Seluruh Data yang Diperlukan.

Penting untuk mencetak seluruh data yang Anda perlukan. Sehingga, Anda akan mengetahui pasti bahwa tidak ada potongan data yang akan hilang. Sebelum mencetak, pastikan data sudah siap, dan semua yang diperlukan telah dipilih dalam print area.

8. Cek Kembali Data Sebelum Mencetak.

Jangan sampai Anda terburu-buru saat mencetak data pada dokumen excel. Sangat penting untuk mengambil waktu sejenak untuk memeriksa kembali data dan memastikan bahwa format cetakan telah diatur dengan baik.

9. Gunakan Preview Sebelum Mencetak.

Gunakan preview sebelum mencetak dokumen excel. Dalam preview, Anda akan melihat tampilan dokumen excel yang akan dicetak. Jika tampilan tidak sesuai dengan keinginan Anda, lakukan pengaturan yang benar.

10. Lakukan Percetakan dengan Sabar.

Hal terakhir adalah melakukan percetakan dengan sabar. Ingat, bahwa kualitas akan selalu lebih penting dari pada kuantitas. Jangan terburu-buru dan tetap menjaga hasil cetakan yang cukup maksimal.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah mengajarkan Anda cara ngeprint excel tanpa terpotong. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, maka cetakan data excel Anda akan terlihat baik dan rapi. Tentunya, hal ini akan memberikan nilai positif bagi laporan atau dokumen apapun yang ingin disajikan. Jadi, silakan mencoba langkah-langkah di atas dan jangan lupa untuk mengembangkan teknik Anda sendiri untuk membuat hasil cetakan excel yang lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Ngeprint Excel Tanpa Terpotong

Kelebihan:

1. Hasil print excel bisa tampil secara menyeluruh tanpa bagian yang terpotong, sehingga pengguna dengan mudah dan cepat membaca data yang ada di dalamnya.

2. Menghasilkan laporan yang rapi dan terlihat profesional karena tidak ada garis potong yang mengganggu layout.

3. Meningkatkan efisiensi bekerja karena ketika melakukan print, data yang tersimpan terlihat secara utuh, tidak ada bagian yang hilang atau terpotong.

4. Proses printing excel lebih efektif karena tidak membutuhkan waktu tambahan untuk menyesuaikan format cetakan.

5. Pengguna dapat menyesuaikan ukuran tampilan saat melakukan print, sehingga memudahkan pengguna dalam membaca.

Kekurangan:

1. Cara ngeprint excel tanpa terpotong membutuhkan sedikit usaha dalam mengatur sheet agar bisa mencetak tampilan secara menyeluruh.

2. Pengguna harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tata letak print secara mendetail agar bisa melakukan ngeprint excel tanpa terpotong ini.

3. Jika sheet excel yang ingin dicetak memiliki banyak kolom, maka ukuran huruf yang digunakan harus disesuaikan agar tidak terlalu kecil dan sulit dibaca.

4. Dalam melakukan ngeprint excel tanpa terpotong, pengguna perlu memastikan terlebih dahulu bahwa sheet excel tidak memiliki kesalahan dalam layout dan format.

5. Proses ngeprint excel tanpa terpotong membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk mempersiapkan sheet yang akan dicetak secara menyeluruh.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan terpotong saat ngeprint excel?

Terpotong saat ngeprint excel adalah ketika lembar kerja Excel yang diprint terpotong di tengah-tengah sehingga informasi yang penting tidak dapat terlihat atau di print secara penuh.

2. Mengapa terkadang excel terpotong saat di print?

Ketika kita ngeprint excel, ukuran kertas yang dipilih tidak selalu sesuai dengan ukuran lembar kerja Excel kita. Hal ini dapat membuat cetakan terpotong di tempat yang tidak diinginkan.

3. Apakah ada cara untuk mencegah terpotong saat ngeprint excel?

Tentu saja, salah satu cara untuk mencegah terpotong saat ngeprint excel adalah dengan memilih ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran lembar kerja Excel kita.

Tips Lainnya  Cara Mencari Data di Excel dengan Mudah dan Cepat

4. Bagaimana cara mengetahui ukuran lembar kerja Excel kita?

Kita dapat mengetahui ukuran lembar kerja Excel kita dengan melihat pada menu “Page Layout” dan memilih “Size”.

5. Bagaimana cara memilih ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran lembar kerja Excel kita?

Pada menu print, kita dapat memilih ukuran kertas pada opsi “Paper Size”. Pastikan memilih ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran lembar kerja Excel kita.

6. Mengapa masih terpotong meskipun sudah memilih ukuran kertas yang sesuai?

Terkadang printer kita sendiri tidak mampu mencetak hingga tepi (full bleed) sehingga kita perlu menyesuaikan margin atau memperbesar ukuran lembar kerja.

7. Bagaimana cara menyesuaikan margin pada Excel?

Kita dapat menyesuaikan margin pada menu “Page Layout” dan memilih “Margins”.

8. Jika ingin memperbesar ukuran lembar kerja Excel, bagaimana caranya?

Kita dapat memperbesar ukuran lembar kerja Excel dengan cara masuk ke menu “Page Layout”, memilih “Size”, dan memilih opsi “More Paper Sizes”.

9. Apakah ada cara cepat untuk menyesuaikan ukuran lembar kerja Excel dengan ukuran kertas?

Ya, kita bisa memilih opsi “Fit Sheet to One Page” pada menu print untuk menyesuaikan ukuran lembar kerja Excel dengan ukuran kertas yang kita pilih.

10. Apakah bisa memilih orientasi kertas pada excel?

Tentu saja, kita dapat memilih orientasi kertas pada menu “Page Layout”, lalu pilih “Orientation”.

11. Apa yang bisa dilakukan jika printer tidak support full bleed?

Jika printer tidak support full bleed, kita bisa melakukan trik dengan cara memperbesar ukuran lembar kerja atau memotong bagian yang tidak terpotong dengan aplikasi PDF editor.

12. Apakah ada beberapa model printer yang support full bleed?

Ya, ada beberapa model printer yang support full bleed. Kita dapat memeriksa spesifikasi printer dan mencari tahu apakah printer tersebut support full bleed atau tidak.

13. Apakah masih ada cara lain untuk mencegah terpotong saat ngeprint Excel selain cara yang disebutkan di atas?

Yang pasti, kita sebaiknya selalu mencoba print preview terlebih dahulu untuk memastikan bahwa lembar kerja Excel kita akan terprint secara penuh. Jika masih terpotong, kita dapat mencoba beberapa cara lain seperti memilih skala yang lebih rendah atau mempersiapkan rumus untuk mengubah ukuran font secara otomatis.

Kesimpulan

Excel adalah sebuah aplikasi pengolahan data yang paling populer di dunia. Banyak orang menggunakan Excel untuk berbagai keperluan, seperti menghitung dan menentukan anggaran, membuat jadwal, membuat laporan, dan banyak lagi. Ketika Anda ingin mencetak file Excel, Anda mungkin mengalami masalah ketika kertas terpotong, karena file Excel Anda terlalu lebar. Namun, dengan menggunakan beberapa trik sederhana, Anda bisa mencetak file Excel yang panjang tanpa terpotong.

Pertama, pastikan Anda sudah memilih opsi “Landscape” pada bagian “Page Layout” sebelum mencetak file. Hal ini akan memperpanjang lebar kertas, sehingga file Excel Anda tidak terpotong. Selain itu, pastikan juga Anda telah memilih skala yang benar ketika mencetak file. Anda dapat memilih opsi “Fit Sheet on One Page” untuk memperkecil ukuran dan membuat file Excel Anda lebih mudah terbaca dan dicetak.

Jika kedua trik di atas tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba mengubah margin kertas di Excel Anda. Anda dapat memilih opsi “Page Setup” pada bagian “Page Layout” dan mengubah margin kiri dan kanan menjadi lebih kecil. Hal ini akan membuat file Excel Anda lebih sempit, sehingga memungkinkan Anda untuk mencetak file tanpa terpotong.

Penutup

Dalam kesimpulannya, mencetak file Excel yang panjang tanpa terpotong dapat menjadi sebuah permasalahan yang sulit bagi sebagian orang. Namun, dengan mengikuti beberapa trik sederhana, Anda dapat dengan mudah mencetak file Excel Anda tanpa terpotong. Pastikan Anda memilih opsi “Landscape” dan menggunakan skala yang benar. Jika itu tidak berhasil, ubah margin kertas di Excel Anda. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengatur file Excel Anda dengan baik sebelum mencetak, sehingga memudahkan proses pencetakan file Excel Anda. Sampai jumpa dan semoga trik ini bermanfaat bagi Anda!