Cara Mudah Ngeprint Excel dengan Cepat dan Benar

Selamat Datang di Panduan “Cara Ngeprint Excel”

Apakah Anda sering mengalami kesulitan saat melakukan cetak pada lembar kerja Microsoft Excel? Jangan khawatir! Dalam panduan ini, kami akan membahas secara detail langkah-langkah cara ngeprint excel yang mudah dan efektif. Bagi para pengguna Excel tidak ada hal yang lebih penting daripada memahami dasar-dasar aplikasi dan memanfaatkannya sepenuhnya. Oleh karena itu, dengan cara ngeprint excel yang baik, tentu saja akan membantu meningkatkan kualitas pekerjaan Anda.

Langkah-Langkah Cara Ngeprint Excel

1. Memeriksa dan Mengatur Ukuran Kertas

Hal pertama yang harus Anda periksa saat hendak mencetak lembar kerja Excel adalah ukuran kertas. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan ukuran kertas yang dipilih sama dengan ukuran yang terdapat di lembar kerja Excel tersebut. Anda dapat melakukan pengaturan ukuran kertas dengan cara masuk ke Page Layout, kemudian pilih Size dan sesuaikanlah dengan ukuran kertas yang hendak Anda gunakan.

2. Menyusun Halaman

Mengorganisir elemen-elemen di perangkat lunak seperti lembar kerja Excel sebelum melakukan cetak merupakan salah satu cara ngeprint excel yang baik. Cobalah untuk memosisikan elemen-elemen seperti tabel, grafik atau gambar sejajar dengan tepi lembar kerja Excel. Hal ini dapat membantu memudahkan proses cetak serta memperoleh hasil yang optimal.

3. Menggunakan Fit to Page

Jika halaman anda menampilkan lebih banyak data dari yang didapat dari ukuran kertas, Anda perlu menggunakan fit to page pada lembar kerja Excel anda dengan cara memilih Page Layout kemudian klik ikon Page Setup. Adapun ukuran yang sesuai untuk fit to page bisa anda pilih pada kotak drop down “Fit to”.

4. Menentukan Margins

Set margin memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas cetak dari dokumen Excel. Kebanyakan printer menentukan agar margin print kurang lebih 1 inci (2.54 cm) dari margin dokumen Asli. Anda dapat menyesuaikannya dengan mengeklik tombol Page Setup yang terletak pada bagian bawah kiri lembar kerja Excel Anda dan pilihlah Margins.

5. Menambahkan Judul

Tambahkan judul pada dokumen Excel Anda dengan klik tombol Page Layout, lalu pilih Print Titles. Anda akan melihat area berlabel Rows to repeat at top dan Columns to repeat at left. Silahkan masukkan koordinat cospicuous ke dalam kotak area yang mewakili hanya kolom atau baris yang ingin Anda cetak di atas atau samping.

6. Menambahkan Header dan Footer

Jika akan mencetak dokumen di Excel yang terdiri dari beberapa lembar, hal yang baik adalah menambahkan header dan footer. Caranya masuk ke Insert dan pilih Header & Footer. Lalu pilih Header atau Footer yang ingin Anda tambahkan.

7. Menyesuaikan Area Cetak

Setelah Anda menentukan margin pada lembar kerja Excel Anda dan menambahkan judul serta header dan footer, selanjutnya, dapatkah Anda menyesuaikan area cetak dengan mengklik tombol Print Area yang terletak pada bagian bawah kanan lembar kerja Excel Anda dan pilih Set Print Area? Dengan menyesuaikan area cetak, maka hasil yang keluar sesuai dengan kebutuhan.

8. Memilih Kualitas Cetak

Anda dapat memilih kualitas cetak pada Excel yang terdapat pada opsi Printer Quality. Cara nya ialah klik Page Layout kemudian pilih Print Quality dan pilihlah opsi yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

9. Menentukan Nomor Halaman

Menentukan nomor halaman menjadikan dokumentasi lembar kerja Excel lebih lengkap. Jika Anda membutuhkan nomor halaman pada dokumen Excel Anda, silakan buka Page Layout kemudian pilih Print Titles dan Sheet lalu masukkan nomor halaman yang Anda inginkan.

Tips Lainnya  Cara Membuat Halaman di Excel

10. Memeriksa Tampilan Pratinjau Cetak

Sebelum Anda benar-benar mencetak lembar kerja Excel, Anda disarankan untuk melihat tampilan pratinjau seperti apa agar bisa memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang tidak ingin Anda cetak. Anda dapat melihat pratinjau dalam menu File kemudian klik Print.

11. Mengatasi Masalah Cetak

Jika terdapat masalah ketika Anda mencetak, Anda dapat membersihkan printhead dari printer, mengecek koneksi kabel, mengecek apakah driver printer terinstall dengan benar, atau mencicip untuk mencetak dokumen Excel tersebut di printer yang berbeda.

12. Menyimpan Hasil Cetakan

Anda dapat menyimpan cetakan baik dalam bentuk file Excel atau PDF. Cara ini bisa berguna jika Anda ingin mengubah atau mengedit kembali lembar kerja Excel Anda atau menyimpannya untuk referensi di masa depan.

Penjelasan dan Tips Cara Ngeprint Excel

Setelah mengetahui langkah-langkah dasar dalam cara ngeprint excel, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas hasil cetak Anda.

1. Pilih Kualitas Cetak yang Tepat

Kemampuan printer Anda mempengaruhi kualitas hasil cetak Anda. Penting untuk memastikan bahwa opsi kualitas cetak yang Anda pilih sesuai dengan fitur printer Anda. Memilih kualitas cetak yang terlalu tinggi pada printer yang tidak mampu memprosesnya dapat merusak hasil cetak Anda atau bahkan merusak fungsi printer itu sendiri.

2. Gunakan Pilihan Tepat untuk Ukuran Kertas

Pastikan Anda memilih Size dan Orientation yang tepat ketika hendak mencetak lembar kerja Excel. Menyesuaikan ukuran kertas dan orientasi dapat memastikan hasil cetakan yang terlihat rapi dan profesional.

3. Batasi Penggunaan Warna

Warna dapat menambahkan estetika ke dalam dokumen Excel Anda, tetapi penggunaan warna yang berlebih dapat menyebabkan masalah kesalahan cetak dan bahkan membebani printer Anda. Cobalah untuk membatasi penggunaan warna agar printer Anda tidak kelebihan beban.

4. Gunakan Font yang Sesuai

Gunakan font yang mudah untuk dibaca dan jangan gunakan terlalu banyak variasi font. Hal ini akan memudahkan orang lain membaca dokumen Excel Anda dan mencegah kesalahan cetak.

5. Selalu Mengecek Dokumen Sebelum Mencetak

Langkah yang sangat perlu dilakukan adalah memeriksa lembar kerja Excel Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan atau detail yang tidak diinginkan sebelum Anda mencetak. Ini akan membantu mempertahankan kualitas cetak Anda dan menghemat waktu yang tidak perlu untuk mencetak dokumen yang tidak bagus.

6. Menjaga Printer dalam Kondisi Baik

Jangan lupa untuk memperbaiki masalah printer sebelum Anda mencetak. Ini dapat membantu mencegah hasil cetak yang buruk dan memperpanjang umur pemakaian printer Anda.

7. Jangan Terlalu Membebani Printer Anda

Cobalah untuk tidak mencetak dokumen dengan jumlah halaman yang terlalu banyak pada saat yang bersamaan. Hal ini akan membebani printer Anda dan mempercepat kerusakan pada printer tersebut.

8. Cetak Halaman Berulang Kembali

Ada kalanya kita membutuhkan cetakan dari halaman yang sama dalam dokumen Excel yang lebih dari satu. Anda dapat mengulangi halaman cetakan yang sama dengan cara memasukkan range membuat kolom atau baris yang sama pada Rows to repeat.

9. Memeriksa Tinta Printer Anda

Mengecek tinta printer Anda dan memastikan bahwa tinta mencukupi sebelum mencetak bisa memastikan kualitas cetak yang optimal.

Tips Lainnya  Cara Copy Paste di Excel: Tips dan Trik untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

10. Menggunakan Tinta Printer Berkualitas

Memilih toner dan tinta printer yang berkualitas adalah kunci untuk memperoleh kualitas cetak yang optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Ngeprint Excel

Kelebihan

1. Mudah digunakan: Cara ngeprint Excel sangat mudah dilakukan, bahkan oleh orang yang tidak terlalu menguasai program ini.

2. Menghemat waktu: Dengan cara ngeprint Excel yang tepat, waktu untuk mencetak dokumen bisa lebih efisien dan efektif.

3. Memperjelas isi dokumen: Dokumen yang dicetak dari program Excel biasanya lebih terstruktur dan mudah dibaca karena berupa tabel lengkap dengan kolom dan barisnya.

4. Tersedia fitur pengaturan printing yang lengkap: Ada fitur-fitur pengaturan printing di Excel seperti memilih ukuran kertas, margin, dan kualitas cetakan.

5. Bisa memilih print area: Cara ngeprint Excel memungkinkan kita untuk memilih area tertentu dari dokumen Excel untuk dicetak.

6. Bisa mencetak dokumen dengan jumlah banyak: Excel memungkinkan kita untuk mencetak dokumen yang sama dalam jumlah banyak dengan cara yang mudah dan cepat.

7. Bisa mencetak dokumen dengan format yang berbeda: Dengan cara ngeprint Excel, kita bisa mencetak dokumen dalam format yang berbeda sesuai kebutuhan.

8. Bisa mencetak dokumen yang lebih luas: Excel memungkinkan kita untuk mencetak dokumen yang lebih luas dibanding program pengolah kata pada umumnya.

9. Bisa mencetak dokumen dengan tampilan 3D: Excel memungkinkan kita untuk mencetak dokumen dengan tampilan 3D, sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

10. Tersedia di hampir semua komputer: Program Excel tersedia di hampir semua komputer sehingga mudah diakses untuk digunakan.

Kekurangan

1. Harus menggunakan komputer: Cara ngeprint Excel hanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer dan tidak bisa dilakukan dengan cara manual seperti pada program pengolah kata pada umumnya.

2. Pemilihan format font yang terbatas: Terdapat keterbatasan dalam pemilihan format font sehingga pembuatan dokumen harus cukup hati-hati agar tetap terlihat profesional.

3. Tidak dapat diakses secara offline: Untuk mengakses program Excel dan melakukan cara ngeprint Excel, kita harus terhubung dengan internet.

4. Membutuhkan waktu dalam pengaturan layout: Untuk mencetak dokumen yang memerlukan layout yang cukup rumit, kita memerlukan waktu untuk mengatur tampilannya agar terlihat pas ketika dicetak.

5. Membutuhkan printer yang mendukung kinerja Excel: Printer yang biasa digunakan di rumah mungkin tidak mendukung kinerja Excel dalam mencetak dokumen yang menggunakan format tabel dengan kolom dan baris.

6. Memerlukan ruang penyimpanan yang besar: Dokumen pada Excel biasanya memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan program pengolah kata pada umumnya.

7. Memerlukan koneksi internet yang baik: Akses internet yang cepat dan stabil diperlukan agar kita bisa memanfaatkan fitur-fitur Excel dalam mencetak dokumen dengan cara yang lebih cepat dan efektif.

8. Memerlukan keterampilan khusus: Meskipun mudah digunakan, cara ngeprint Excel memerlukan keterampilan khusus untuk menghasilkan dokumen yang profesional dan mudah dipahami.

9. Tidak gratis: Program Excel adalah program berbayar sehingga untuk dapat menggunakannya kita harus membayar biaya lisensi yang cukup mahal.

10. Tidak dapat melakukan kolaborasi pada dokumen yang dicetak: Dokumen yang dicetak dari program Excel tidak dapat diubah atau dicollaborate setelah dicetak.

FAQ

1. Bagaimana cara ngeprint Excel?

Pertama, pastikan printer terhubung ke komputer. Kemudian, buka file Excel yang ingin di-print. Pilih menu ‘File’ lalu klik ‘Print’. Atur pengaturan cetakan sesuai kebutuhan lalu klik ‘Print’.

Tips Lainnya  Cara Membuat Rank di Excel

2. Bagaimana jika printer tidak terhubung ke komputer?

Pastikan printer terhubung ke sumber listrik dan ke jaringan Wi-Fi (jika printer memiliki fitur Wi-Fi). Jika masih belum berhasil, cek driver printer pada komputer dan pastikan telah terinstal dengan benar.

3. Bagaimana cara print beberapa sheet sekaligus?

Pertama, pilih beberapa sheet yang ingin di-print. Klik tombol ‘Shift’ pada keyboard dan pilih sheet terakhir yang ingin di-print dengan men-klik-nya. Setelah itu, ikuti langkah 1 dari FAQ nomor 1.

4. Bisa gak ngeprint bagian tertentu aja di sheet itu?

Bisa. Pilih bagian sheet yang ingin dicetak. Klik ‘Print Area’ pada menu ‘Page Layout’. Ikuti langkah di FAQ nomor 1 untuk mengeprint bagian tersebut.

5. Bagaimana memperbesar atau memperkecil ukuran cetakan?

Pada menu Print, klik ‘Scale to Fit’. Kemudian, pilih persentase ukuran yang diinginkan atau terapkan custom size.

6. Bagaimana cara set auto print?

Pilih menu ‘File’. Klik ‘Print’. Setelah muncul pengaturan, pilih ‘Advanced’. Aktifkan ‘Print Automatically’ dan klik OK.

7. Apa itu print preview?

Print preview adalah tampilan preview hasil cetakan yang akan diterima setelah di-print. Anda bisa melihat bagaimana dokumen terlihat sebelum mencetaknya.

8. Bagaimana cara menghemat tinta printer?

Pilih menu ‘Page Layout’ dan klik ‘Page Setup’. Pilih tab ‘Sheet’. Aktifkan ‘Black and White’ atau ‘Draft’. Atau, pilih ‘Print Quality’ pada menu ‘Print’ dan pilih setting ‘Draft’.

9. Bagaimana cara pindah halaman?

Klik tombol ‘Page Up’ atau ‘Page Down’ pada keyboard. Atau, gunakan tombol panah pada kotak ‘Preview’ di menu ‘Print’.

10. Bisa gak print file Excel tanpa terlihat formula-nya?

Ya. Pilih sheet yang ingin di-print. Kemudian, pada menu ‘File’, klik ‘Options’, pilih ‘Advanced’. Pilih ‘Display options for this worksheet’, lalu hapus centang pada ‘Show formulas in cells instead of their calculated results’.

11. Apa itu printer offline?

Printer offline adalah keadaan di mana printer tidak aktif terhubung ke internet atau ke komputer/ laptop.

12. Bagaimana cara mengatasi printer yang offline?

Pastikan bahwa printer terhubung ke komputer dan terkoneksi dengan internet. Restart printer dan periksa kembali pengaturannya di komputer.

13. Bagaimana cara mengetahui printer sudah siap digunakan?

Buka ‘Devices and Printers’. Klik kanan pada printer yang ingin dipakai. Pilih ‘See what’s printing’. Jika ada dokumen yang muncul di daftar print, printer akan segera mulai mencetak.

Kesimpulan

Menggunakan Microsoft Excel dapat mempermudah pekerjaan Anda dalam mengolah data dan menghasilkan laporan. Namun, jika Anda tidak tahu cara ngeprint excel, maka kesulitan akan muncul. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara ngeprint excel, mulai dari memilih area yang akan dicetak hingga menyesuaikan ukuran dan orienasi kertas. Dengan memahami cara ngeprint excel, Anda dapat mencetak laporan dengan mudah dan efisien.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar cara ngeprint excel secara efektif. Jangan lupa untuk mencoba sendiri cara-cara yang telah dijelaskan di atas agar Anda bisa mempraktikkan langsung dalam mengelola data dan mencetak laporan lewat aplikasi Microsoft Excel. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel lainnya.