Cara Mudah Memberi dan Menghapus Password pada Excel

.

Selamat Datang di Tutorial Cara Password Excel

Selamat datang di artikel ini, di mana kami akan memberikan panduan tentang cara memberi password pada file Excel Anda. Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda ingin memberikan password pada file Excel, seperti melindungi informasi penting atau data sensitif. Sebelum kita mulai membahas cara-cara ini, penting untuk diingat bahwa Anda harus terus merawat dan memperbarui password Anda secara teratur untuk mempertahankan tingkat keamanan yang optimal.

Langkah-Langkah Cara Password Excel

1. Buka File Excel Yang Ingin Diberikan Password

Langkah pertama adalah membuka file Excel yang ingin Anda beri password. Setelah file terbuka, klik tombol “File” di bagian kiri atas lalu klik “Info”. Setelah itu, kamu akan diberikan beberapa pilihan keamanan dan sandi.

2. Klik Opsi “Encrypt with Password”

Setelah Anda klik “Info”, carilah opsi “Encrypt with Password” yang terletak di bawah label “Protect Workbook”. Ini adalah cara utama untuk memberikan password pada file Excel.

3. Masukkan Password Baru yang Ingin Digunakan

Setelah Anda mengklik opsi “Encrypt with Password”, kotak dialog “Encrypt Document” akan muncul dan meminta Anda untuk memasukkan password baru. Anda dapat memasukkan kombinasi angka dan huruf untuk membuat password yang lebih kuat. Kami selalu merekomendasikan memasukkan kombinasi angka dan simbol sebagai tindakan keamanan ekstra.

4. Konfirmasi Password

Kotak dialog “Encrypt Document” akan muncul lagi dan Anda akan diminta konfirmasi password yang sebelumnya telah Anda buat. Pastikan memasukkan passwordseperti yang sama dengan yang telah dipilih sebelumnya.

5. Klik OK

Setelah password dikonfirmasi, klik OK untuk menyimpan pengaturan password baru. Setelah itu, file Excel Anda sekarang sudah diatur dengan password baru yang telah Anda tentukan. Pastikan untuk tidak lupa memberi tanda centang pada kotak “Remember this password” jika Anda ingin membuka file Excel ini tanpa harus memasukkan password setiap saat.

6. Encrypted File Excel Anda Sudah Dibuat

Tanda pertama bahwa file Excel Anda telah berhasil di password adalah ketika warna tab menjadi hijau. Tanda ini menandakan bahwa file Excel Anda telah dienkripsi dan dijaga dengan password.

7. Ganti Password Setiap Beberapa Minggu

Memiliki password yang kuat untuk file Excel Anda penting namun tidak cukup. Untuk menjaga keamanan file Anda, Anda harus mengganti password secara rutin. Selain itu, kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan password manager, agar Anda dapat membuat password yang unik untuk setiap aplikasi dan akun Anda.

8. Jangan Bagikan Password Anda Kepada Siapapun

If You have Just Created a Password for your Excel File, It important bahwa Anda menjaga password Anda secur dan not membagikannya dengan siapapun. Jika sudah musti, kami sarankan untuk memberikannya hanya kepada orang-orang yang Anda percayai.

9. Ciptakan Kata Sandi Yang Kuat

Untuk keamanan tambahan, pastikan telah memilih kata sandi yang sulit ditebak sehingga orang lain tidak dapat membuka file Excel Anda. Usahakan kombinasi angka, huruf, dan simbol sehingga sulit ditebak. Gunakan password manager untuk membantu Anda.

10. Buat Sandi yang Mudah di Ingat

Pada saat Anda membuat password yang tidak dapat ditebak, tentu saja akan menjadi sulit mengingatnya juga. Usahakan untuk membuat password yang mudah diingat serta tetap melekat di pikiran Anda. Selain itu, jangan mencantumkan password dalam file atau notes yang dapat diakses orang lain.

Tips Lainnya  Cara Mengubah Huruf Kecil ke Besar di Excel

11. Perbarui Password Secara Berkala

Memiliki password yang kuat tidak cukup. Anda harus secara berkala memperbarui password Anda agar tetap terjaga keamanannya. Jangan menunggu sampai terjadi masalah keamanan baru Anda berpikir untuk mengubah password, cobalah untuk memperbarui password Anda setidaknya setiap 2-3 bulan.

12. Backup File Anda Secara Berkala

Terlebih penting untuk memiliki cadangan file Excel Anda. Jangan mengandalkan password saja, cadangan file Excel Anda bisa jadi tindakan yang paling ampuh jika terjadi masalah pada file Excel utama Anda. Selalu buat salinan file Excel Anda secara teratur, simpan dalam tempat yang aman, dan penting untuk tidak lupa membuat password pada cadangan file Anda juga.

Tips Dan Trik Nomor Satu

1. Jangan Gunakan Informasi Pribadi Sebagai Password Anda

Jangan gunakan nama, tanggal lahir, atau informasi pribadi Anda sebagai password. Ini sangatlah mudah ditebak dan dapat membahayakan keamanan file Anda. Cobalah membuat kombinasi acak yang hanya Anda yang bisa mengingatnya.

2. Aktifkan Fitur “AutoLock” Pada Perangkat Anda

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur “AutoLock” pada perangkat anda yang dapat membantu melindungi file excel Anda, terutama jika Anda sering memindahkan data penting melalui perangkat mobile. Dengan begitu, ketika perangkat Anda tidak digunakan, fitur auto lock akan meminta kata sandi sebelum dapat digunakan kembali.

3. Jangan Menggunakan Kata Sandi yang Sama untuk Semua File

Penting untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk semua file Anda. Hal ini dapat membahayakan keamanan file Excel, jika satu file terganggu, maka file yang lain juga dapat dibuka oleh orang yang tidak bersahabat.

4. Hindari Menggunakan Public Wi-Fi

Jika Anda ingin memproteksi file excel kita dengan password, pastikan kita tidak menggunakan Public Wi-Fi untuk membuat file excel tersebut. Hal ini menghindarkan orang lain yang terkoneksi dengan Wi-Fi yang sama untuk melakukan tindakan tidak bertanggung jawab.

5. Aktifkan Proteksi Sandi pada File Excel

Selain proteksi password, pada beberapa versi Excel, Anda dapat menambahkan proteksi sandi pada file Anda dan menyembunyikan beberapa sel atau range tertentu. Pilihannya akan bervariasi tergantung versi excel yang Anda gunakan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di dokumentasi Microsoft Excel.

6. Jangan Menyimpan Password Dalam File

Jangan pernah menyimpan password dalam file. Hal ini sangat tidak dianjurkan dan dapat membahayakan keamanan file Excel kita. Simpan password kita di tempat yang aman, seperti password manager.

7. Pahami dengan Baik Fitur Password Excel

Jika Anda ingin memproteksi file excel kita dengan password, butuh bukan hanya mengikuti tutorial ini, tetapi juga memahami fitur password excell dan teknik keamanan lainnya. Hal ini dapat membantu memastikan file excel kita secara maksimal dilindungi.

8. Laporan Muncul Jika Password Salah

Jika Anda salah memasukkan password pada file excel, maka pemberitahuan akan muncul. Ingat bahwa dengan keamanan yang lebih baik, risiko hilangnya akses pada file, karena password salah selalu ada.

Tips Lainnya  Cara Membuat Chart di Microsoft Excel

9. Buat Password yang Kuat Dengan Combination

Penting untuk membuat password yang kuat yang menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol. Tentunya, semakin rumit password kita, semakin sulit bagi orang lain untuk membukanya.

10. Selalu Punya Kebiasaan Untuk Backup Data Anda

Selalu punya kebiasaan untuk membuat back-up file Excel Anda dan simpan mereka baik-baik. Dalam kasus kehilangan atau kegagalan, Anda akan membutuhkan cadangan file Anda untuk memulihkan data penting yang putus.

Kesimpulan

Memberikan password pada file Excel Anda adalah tindakan keamanan yang penting yang dapat membantu melindungi informasi pribadi atau bisnis Anda. Ingatlah untuk selalu membuat password yang kuat dan mengganti password secara rutin serta selalu membuat cadangan file Anda untuk memastikan bahwa data Anda selalu aman dan tersimpan dengan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Kelebihan & Kekurangan Cara Password Excel

Kelebihan

1. Menjaga Keamanan Data – dengan menggunakan password pada file excel, Anda dapat melindungi data dari akses orang yang tidak memiliki hak untuk melihat atau mengeditnya.

2. Mudah Diterapkan – cara memberikan password pada file excel sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang tersedia dalam menu.

3. Memperlihatkan Profesionalisme – menggunakan password pada file excel menunjukkan bahwa Anda peduli dengan keamanan data dan menunjukkan profesionalisme dalam pengelolaan data.

4. Memudahkan Seleksi Data – Pada saat menempatkan password pada file excel, Anda dapat memilih untuk mengunci semua lembar kerja atau lembar kerja tertentu saja yang diperlukan.

5. Kompatibel dengan Versi Lama Excel – cara memberikan password pada file excel dapat dilakukan pada versi excel lama dan terbaru, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan software excel.

Kekurangan

1. Kemungkinan Lupa – Jika Anda lupa password yang telah diberikan pada file excel, maka Anda tidak akan dapat mengakses data yang ada dalam file tersebut.

2. Penggunaan Memerlukan Waktu – Pemberian password pada file excel memerlukan waktu, terutama jika file tersebut terdiri dari banyak lembar kerja.

3. Kecurangan – Password pada file excel tidak menjamin keamanan data secara sempurna, seseorang yang ahli dalam hacking masih dapat melakukan kecurangan untuk memperoleh data.

4. Kebutuhan Koneksi Internet – Jika Anda menggunakan program online untuk mempassword file excel, maka dibutuhkan koneksi internet yang baik.

5. Sulit Memperbaiki Data – Jika file excel yang disimpan menggunakan password mengalami kerusakan atau error, maka proses perbaikan data menjadi lebih sulit dilakukan.

FAQ

1. Apa itu Excel?

Excel adalah aplikasi pengolah data dari Microsoft yang umum digunakan untuk membuat tabel, grafik, dan membuat laporan keuangan.

2. Apa kegunaan password di Excel?

Password digunakan untuk melindungi data di dalam dokumen Excel agar tidak bisa diakses oleh orang yang tidak memiliki izin.

3. Bagaimana cara menambahkan password di Excel?

Untuk menambahkan password di Excel, pilih menu File > Info > Protect Workbook > Encrypt with Password.

4. Bagaimana cara membuat password di Excel yang kuat?

Pilih password yang panjang, menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Tips Lainnya  Cara Lock Rumus Excel: Mengunci Formula agar Tetap Terjaga

5. Bagaimana cara membuka dokumen Excel yang terkunci dengan password?

Masukkan password yang benar saat memasukkan dokumen Excel. Jika password salah, Anda tidak bisa membuka dokumen tersebut.

6. Bagaimana cara menghapus password di Excel?

Untuk menghapus password di Excel, pilih menu File > Info > Protect Workbook > Encrypt with Password > kosongkan kotak password dan klik OK.

7. Apa yang harus dilakukan jika lupa password di Excel?

Anda harus menggunakan program pihak ketiga untuk membuka dokumen Excel yang terkunci.

8. Apa saja program pihak ketiga untuk membuka dokumen Excel yang terkunci?

Beberapa program pihak ketiga seperti PassFab for Excel, iSeePassword Excel Password Recovery, dan Excel Password Recovery Master.

9. Bagaimana cara menggunakan PassFab for Excel untuk membuka dokumen Excel yang terkunci?

Unduh dan instal PassFab for Excel. Buka program tersebut, pilih dokumen Excel yang terkunci, dan ikuti petunjuk untuk membuka dokumen Excel.

10. Apakah ada kemungkinan kehilangan data di dokumen Excel ketika menghapus password?

Tidak, data di dokumen Excel tidak akan hilang ketika password dihapus.

11. Apakah bisa membatasi akses ke area tertentu di dalam dokumen Excel?

Ya, Anda bisa menggunakan fitur Protect Sheet di Excel.

12. Bagaimana cara menggunakan fitur Protect Sheet di Excel?

Pilih menu Review > Protect Sheet > pilih opsi yang ingin Anda batasi aksesnya, contohnya cell range atau aksi editing.

13. Apa yang harus dilakukan jika lupa password Protect Sheet di Excel?

Anda juga harus menggunakan program pihak ketiga untuk membuka dokumen Excel yang terkunci Protection Sheet.

Kesimpulan

Excel merupakan software spreadsheet yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang baik dalam bidang bisnis maupun akademik. Karena seringkali digunakan untuk menyimpan data penting, maka sangat penting untuk melindungi file Excel dengan password agar tidak mudah diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara untuk membuka file Excel yang terkunci dengan password. Kami telah menunjukkan beberapa metode dan alat yang bisa digunakan untuk membuka file Excel, seperti menghilangkan password dengan bantuan perangkat lunak atau dengan mencoba kombinasi password yang berbeda.

Namun, kami juga harus mengingatkan bahwa menghilangkan password dari file Excel yang bukan milik Anda tanpa izin pemiliknya adalah perbuatan ilegal dan dapat mengakibatkan masalah hukum. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan metode ini hanya pada file Excel yang benar-benar milik Anda atau jika Anda telah mendapatkan izin dari pemiliknya.

Penutup

Excel adalah alat yang sangat berguna dalam bisnis dan akademik. Namun, karena seringkali digunakan untuk menyimpan data penting dan rahasia, maka sangat penting untuk melindungi file Excel Anda dengan password yang kuat. Dalam artikel ini, kami telah memaparkan beberapa metode untuk membuka file Excel yang terkunci dengan password, tetapi diingatkanlah bahwa penggunaan metode ini pada file Excel milik orang lain tanpa izin dapat mengakibatkan masalah hukum. Oleh karena itu, pastikan Anda melindungi file Excel Anda dengan password yang aman dan terhindar dari kebocoran data. Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya.