Ilustrasi penyusupan yang dapat diatasi dengan firewall

Firewall Adalah Sistem Pertahanan Wajib Dari Hacker

Syarat wajib untuk menjadi security engineer dengan memulai dan memahami firewall. Pada tahap ini firewall adalah salah satu langkah awal untuk membuat semuanya menjadi lebih tepat, karena menjadi poin yang penting dalam menjaga dan memberikan keamanan siber yang ada, sehingga terlindungi dari ancaman luar yang membahayakan tersebut. 

Bahkan, firewall adalah termasuk dalam sistem yang bisa menjaga kerahasiaan informasi yang ada. Kenapa bisa begitu? Pada artikel kali ini akan mengajak Anda untuk lebih memahami proses firewall secara menyeluruh, baik dari apa itu firewall, jenis-jenisnya, kegunaan, dan cara kerjanya. Nah, untuk lebih lengkapnya mari kita utas bersama-sama mengenai firewall tersebut.

Apa Itu Firewall?

Sebelum lebih jauh untuk mengulas dan membahas mengenai jenis dan mekanisme kerjanya, maka langkah utama yang tepat untuk dilakukan mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Menurut Force Point dan Tech Target firewall adalah alat teknologi yang berfungsi untuk membangun pembatas atau dinding antara komputer dengan jaringan internet yang digunakan.

Secara sederhana nya, firewall merupakan sistem yang berfokus pada keamanan untuk melindungi komputer dari berbagai ancaman yang berasal dari jaringan internet. Mekanisme kerjanya memberikan pembatas atau tembok khusus untuk bisa menghindari berbagai kemungkinan yang akan merugikan dan membuat beberapa data penting salah manfaatkan. 

Pada tahap inilah Anda bisa melihat kebutuhan dari tembok api tersebut sebagai proses untuk mengatur data, informasi, dan berbagai aktivitas internet yang Anda lakukan dan gunakan setiap harinya. Dengan demikian firewall memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk melindungi dan memberikan keamanan terhadap jaringan dan komputer Anda tersebut. 

Dalam perkembangannya firewall sendiri ada dua, yakni hardware dan software. Basis hardware yang terdapat dan temukan pada router. Sedangkan untuk basis software biasa Anda temukan pada beberapa aplikasi tertentu atau sudah satu paket dengan antivirus yang Anda gunakan dan pilih terpasang pada komputer Anda itu. 

Melihat Fungsi Firewall

Faktor utama yang menjadi alasan banyak orang menggunakan firewall adalah keamanan dan perlindungan terhadap data yang penting. Bahkan, untuk beberapa ketentuan penggunaan dari firewall ini menjadi kebutuhan wajib yang harus dilakukan, sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja untuk memahami dan mengatasinya secara keseluruhan. 

Nah, untuk bisa mengenal dan melihat kebutuhannya tersebut. Pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan ulasan lengkap mengenai beberapa fungsinya, yuk kita bahas bersama.

1. Terlindungi Terhadap Kejahatan Siber

Pada beberapa pembahasan sebelumnya sempat menyinggung untuk kegunaan dari firewall ini sebagai bentuk untuk memberikan batasan atau sekat yang jelas antara data internal dan eksternal secara keseluruhan. Dengan demikian, para pengguna asing atau hacker tidak bisa sembarangan dalam mengakses dan masuk pada jaringan yang ada. 

Untuk itu, jika komputer yang Anda gunakan tersebut tidak dipasang atau diinstal firewall, maka akan berpotensi untuk disusupi dan dicuri data pentingnya. Proses ini sangat penting sekali untuk dipahami, karena apabila Anda lalai dalam memperhatikannya akan ada banyak bahaya yang akan mengintai dan menyusupi beberapa sistem yang ada. 

2. Memblokir Pesan 

Jika Anda sering menemukan beberapa pesan yang bertuliskan kalau komputer yang Anda gunakan sedang dalam bahaya dan langsung untuk menginstal beberapa aplikasi tertentu. Nah, mungkin beberapa kalimat tersebut sangat familiar kan? Jika Anda sering melihat tulisan tersebut pada perangkat Anda, maka perlu untuk mengecek ulang firewall yang dipasang. 

Karena, apabila Anda sudah melakukan pemasangan atau instalasi yang tepat pada komputer Anda terkait firewall tersebut, maka sudah tidak lagi ditemukan beberapa pesan tersebut. Biasanya keadaaan ini sering muncul pada komputer yang memiliki sistem operasi XP secara keseluruhannya, sehingga jika Anda masih menggunakanya penting untuk memperhatikannya. 

3. Memblokir Konten 

Tidak hanya pesan saja yang diblokir, tetapi juga bisa Anda gunakan dan manfaatkan untuk memblokir beberapa konten atau website yang ada secara lengkap dan spesifik. Prosesnya Anda bisa mengatur dan menentukannya secara manual. Sehingga beberapa konten yang tidak diinginkan tidak akan diberi akses atau diperbolehkan masuk ke komputer Anda itu. 

Dengan demikian, firewall adalah memberikan perlindungan yang tepat dan jelas. Sehingga beberapa ancaman yang ada bisa diatasi dengan sangat baik. Hal ini membuat beberapa data dan informasi yang ada pada perangkat Anda tersebut akan terhindar dari berbagai permasalahan yang akan merugikan nantinya. 

4. Bermain Game Online Lebih Aman dan Nyaman 

Dalam permainan game online terjadi pertukaran data dengan sangat cepat, sehingga bisa saja membuat beberapa hacker memasukan beberapa malware pada sistemnya. Meskipun begitu, beberapa developer game yang ada sudah memberikan perlindungan yang canggih dan ketat terkait tindakan tersebut secara keseluruhannya. 

Namun, untuk berjaga-jaga dan memastikan semuanya akan jauh lebih aman dan nyaman penting untuk memasang firewall pada perangkat Anda tersebut. Apalagi untuk Anda yang sering mengakses dan memainkan permainan game online. Karena untuk memberikan perlindungan dan keamanan pada sistem yang ada. 

5. Mampu untuk Monitor Bandwidth

Fungsi lain dari firewall tidak hanya terfokus pada sistem keamanan jaringannya saja, tetapi bisa juga untuk memonitoring dan memberikan batasan pada firewall. Pada tahap ini Anda bisa menetapkan atau menentukan batasan terhadap konten yang ada. Sehingga beberapa konten terkait hiburan, musik, dan gambar yang ada bisa diatur dengan sangat jelas. 

Jika demikian, firewall yang digunakan tersebut akan lebih fokus terhadap beberapa mekanisme kerja yang prioritas terhadap konten untuk kebutuhan bisnis yang dijalankan. 

6. Akses Layanan VPN

Kebutuhan untuk memfasilitasi virtual private network (VPN) bisa dilakukan melalui firewall tersebut, prosesnya pengguna bisa menggunakan atau akses jaringan internal. Untuk itu, pada beberapa layanan yang diblokir oleh pihak tertentu bisa Anda lihat atau kunjungi untuk mendapatkan konten yang diinginkan tersebut. 

Hal ini kembali lagi memberikan keuntungan untuk Anda maksimalkan, karena bisa meningkatkan produktivitas, data sharing, dan berbagai bentuk kolaborasi lainnya. 

Cara Kerja Firewall 

Proses kerja mengenai firewall ini berdasarkan pada jaringan internet dengan menyaring datanya terlebih dahulu, pada tahap ini menentukan konten diperbolehkan atau tidaknya. Mekanismenya ada tiga tahapan untuk mengamankan jaringan tersebut, bahkan memungkinkan untuk menggunakan ketiga cara tersebut secara keseluruhannya. 

Tahap pertama, packet filtering yang berarti firewall akan menggunakan aturan tertentu untuk melihat diperbolehkan atau tidak data masuk ke jaringan. Tahap kedua, proxy service berfungsi untuk melihat dan memeriksa packet yang saling ditukarkan pada jaringan yang ada. Tahap ketiga, stateful inspection yang mana sistem pada firewall menelusuri packet yang diterima dengan melihat beberapa aktivitas-aktivitas yang ada sebelumnya. Apabila tidak mengandung negatif dan tidak berbahaya, maka akan diteruskan pada sistem yang memintanya. 

Dengan begitu firewall adalah pembatasan yang memberikan berbagai dampak yang positif untuk melindungi komputer dari berbagai serangan yang merugikan. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan dan mengaplikasikannya pada perangkat Anda tersebut.

Leave A Reply

Registration

Forgotten Password?