Tes terhadap ping jaringan pada telepon selular

Ping, Mengenal Pengertian dan Fungsinya Secara Lengkap

Kehadiran internet begitu penting dalam segala bidang kehidupan sekarang ini, karena hampir semua kegiatan telah menggunakan dan mengoptimalkan internet secara langsung. Untuk dapat melakukan dan memaksimalkannya, tentunya perlu adanya internet yang cepat dan stabil. Dalam tahap ini untuk mengetahuinya, tentunya Anda harus menggunakan ping.

Dalam dunia IT ping sendiri dikenal sebagai fitur yang digunakan untuk mengecek dan melihat kondisi jaringan internet. Dengan mengetahui kualitasnya, maka beberapa kegiatan dan kinerja yang dilakukan dapat berjalan dengan optimal. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba mengulas dan membahasnya secara menyeluruh, simak penjelasannya secara lengkap.

Apa Itu Ping?

Untuk Anda yang penasaran mengenai makna istilah tersebut secara menyeluruh, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap. Biasa dikenal sebagai Packet Internet Gopher adalah fitur yang dikhususkan untuk dapat mengecek dan melihat kualitas koneksi jaringan internet dengan lebih mudah dan simpel.

Dalam tahap ini untuk bisa menggunakan dan mengaplikasikannya Anda dapat mencobanya secara cepat dan sederhana. Prosesnya Anda tinggal melakukan pengiriman pesan, lalu tunggu beberapa saat dan dapatkan respon baliknya. Apabila Anda balasan atau respon, tentunya Anda sedang berada dalam posisi online.

Kecepatan ping sendiri berbeda-beda bagi setiap alamat ip.

Ketika Anda menggunakan koneksi internet untuk bermain game online, tentunya kecepatan koneksi sangat dibutuhkan. Anda dapat melakukan pengecekan terhadap performa ping untuk memeriksa apakah koneksi internet Anda dapat mendukung aktivitas Anda secara optimal.

Lalu, setelah melakukan pengecekan terhadap ping, apa yang dimaksud dengan ping rendah dan ping tinggi?

Dalam konteks kebutuhan untuk koneksi game online, ping yang rendah akan membuat pengalaman bermain Anda menjadi lebih maksimal.

Disebut rendah jika angkanya berkisar pada 20 md. Jika berada di angka tersebut, maka koneksi internet Anda dapat dikatakan baik sekali. Kisaran angka 50 md hingga 100 md pun masih dianggap baik. Sementara, jika angka yang tertera menunjukkan di atas 100 md maka sebaiknya Anda mencari koneksi internet yang lebih stabil sebelum mulai bermain.

Melihat Fungsi Fitur Ping 

Pada penjelasan kali ini, kami akan mencoba memberikan beberapa fungsi mengenai dari fitur tersebut secara lengkap dan menyeluruh. Berikut ini ada beberapa fungsi yang dapat dipahami, simak penjelasan lengkapnya.

1. Melihat Troubleshooting

Hal utama yang bisa dilakukan dengan adanya fitur ini untuk melihat troubleshooting yang terjadi pada jaringan internet. Dalam tahap ini dengan adanya pemberitahuannya, maka Anda bisa melakukan perbaikan dan mengatasi beberapa persoalan tersebut. Hal ini tentunya memberikan manfaat yang besar.

2. Mengetahui Kualitas Internet

Dengan adanya fitur tersebut membuat Anda akan lebih memahami dan mengetahui mengenai kualitas dalam jaringan internet yang digunakan. Hal ini memberikan informasi kepada Anda mengenai kecepatan dalam melakukan browsing atau kegiatan lainnya yang berkaitan dengan internet secara langsung.

Untuk melihat kualitasnya Anda dapat melihat dari jumlah ping yang muncul, apabila semakin rendah angka yang muncul, tentunya itu memperlihatkan kualitas jaringannya. Dalam tahap ini, pastikan Anda bisa memahaminya secara menyeluruh dan melihatnya.

3. Melihat Kualitas Browser

Apabila Anda lama dalam mengetahui dan mengunjungi suatu browser, maka peranan dari fitur tersebut untuk memperlihatkan kualitasnya secara langsung. Jika Anda menemukan ping yang tinggi, maka tidak mengherankan akan mendapatkan kualitas browser yang lambat dan tidak bisa mendapatkan penelusuran yang cepat.

Hal inilah kebutuhan dan kegunaan dari adanya fitur tersebut, membuat Anda akan lebih cepat memahami dan mengerti semuanya secara menyeluruh. Pastikan Anda dapat melihatnya dan memahaminya mengenai fungsinya secara lengkap.

Cara Menggunakan Ping 

Untuk Anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi windows, proses untuk melakukannya sangat mudah untuk dilakukan. Dalam tahap ini Anda tinggal mengklik CMD atau mengetikannya. CMD atau command Prompt, setelah muncul langsung klik start dan klik run as administrator. Membukanya tinggal klik windows + R dan ketik CMD

Setelah itu akan terbuka dan layar menjadi hitam dengan beberapa huruf yang muncul. Untuk melakukan proses ping sendiri sangat mudah, tentunya Anda tinggal mengetikan kata ping dan alamat server yang dituju, lalu tekan enter. Dalam tahap ini Anda akan menemukan kualitasnya dan memahami beberapa informasinya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai ping secara lengkap, semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan manfaat untuk Anda kedepannya.

Leave A Reply

Registration

Forgotten Password?