Gambaran meja kerja seorang remote worker adalah meja kerja di rumah.

Remote Worker adalah Kerja Menguntungkan, Benarkah?

Remote worker adalah salah satu konsep kerja masa depan yang saat ini sedang banyak dibicarakan. Sebutan lain yang lebih familiar adalah virtual working atau kerja dari rumah seperti WFH (work from home). Singkatnya saat menunaikan tanggung jawab sebagai karyawan, Anda tidak diharuskan datang ke perusahaan tempat bekerja.

Pada mulanya, jenis pekerjaan ini lebih dikenal dengan konsep bekerja dari rumah. Namun, akhir-akhir ini konsep kerja virtual sedang naik daun, terutama saat pandemi.

Hampir seluruh perusahaan memberlakukan aturan kerja dari rumah selama penyebaran virus covid-19 belum terkendali. Kerja virtual juga jadi lebih fleksibel sekarang, dimanapun lokasinya Anda dapat menyelesaikan pekerjaan kantor tanpa melulu dari rumah.

Ingin mengetahui konsep kerja para remote worker sekaligus keuntunannya? Simak ulasan berikut ini.

Bekerja dari Rumah (WFH)

Beberapa waktu lalu, sebuah organisasi bernama The IWG Global Workspace telah melakukan survei dengan memberi pertanyaan tentang arti remote working kepada karyawan. Sebanyak 27% karyawan menjawab remote worker adalah kebebasan yang diberikan perusahaan kepada karyawan terhadap pemilihan lokasi bekerja.

Jadi, karyawan tersebut bisa memilih bekerja di co-working space atau di kota lain tanpa harus datang langsung ke lokasi perusahaan tempatnya bekerja. Sedangkan 27% lainnya mendefinisikan remote working sebagai kebebasan terhadap beban pekerjaan, begitu pula yang diartikan oleh 21% karyawan lainnya.

Menurut jawaban survei yang mereka tulis, arti konsep kerja dari rumah disebut sebagai kebebasan dalam hal mengatur jam kerja.

Saat ini memang masih belum banyak perusahaan yang memandang cara kerja tersebut lebih produktif jika dibandingkan harus datang langsung ke kantor.

Pada dasarnya, bekerja dari manapun dapat menghemat banyak tenaga dan waktu karyawan. Anda tidak perlu bangun pagi-pagi untuk berdesakan di transportasi umum hanya untuk memenuhi presensi kantor.

Cara kerja remote working memang telah diterapkan beberapa perusahaan, dan ternyata dapat memberi keuntungan. Misalnya, karyawan yang telah berkeluarga dapat bertanggung jawab lebih baik terhadap keluarganya ketika bekerja dari rumah.

Tidak sampai disitu saja, Anda juga dapat menghemat pengeluaran transportasi, membimbing anak-anak sekaligus memonitor perkembangannya.

Lalu, apa keuntungan yang diperoleh pemilik bisnis dari cara kerja ini? Hal yang paling dirasakan dari remote worker adalah pengeluaran biaya operasional yang lebih hemat. Seperti biaya telepon, tagihan listrik, alat tulis, sewa ruangan, jaringan internet, dan kebutuhan karyawan lainnya.

Jejak Remote Working yang Kini Jadi Gaya Bekerja Milenial

Model kerja remote working yang kini jadi gaya bekerja generasi milenial ternyata sudah mulai diterapkan sejak tahun 1970-an. Jack Nilles merupakan pencetus pertama ide kerja jarak jauh yang kala itu dikenal dengan istilah telecommuting.

Dalam perkembangannya, telecommuting kemudian berubah menjadi sebuah sistem yang mengutamakan cara kerja fleksibel atau dikenal dengan istilah teleworking. Dimana dengan memanfaatkan bantuan teknologi, segala hal terkait pekerjaan dapat dilakukan dimanapun tanpa perlu pergi ke kantor.

Ide dari Jack inilah yang kemudian menjadi sejarah kemunculan remote woking yang kini banyak digandrungi. Untuk lokasi kerja sendiri bersifat nomaden, artinya karyawan bebas menentukan tempat yang dianggap nyaman dan kondusif sebagai lokasi kerja. Baik itu di rumah, co-working space atau bahkan di cafe.

Jadi kesimpulannya, remote worker adalah konsep kerja masa depan yang menjadi pilihan sebagian orang karena dianggap lebih produktif, efektif dan efisien waktu maupun tenaga. Sistem kerja ini juga menguntungkan kedua belah pihak, baik itu karyawan maupun perusahaan tempatnya bekerja.

Leave A Reply

Registration

Forgotten Password?