Kegiatan meeting virtual sangat bergantung pada keamanan jaringan komputer

Mengulas Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Mengulas Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Selama kondisi working from home (WFH) atau bekerja dari rumah, sistem keamanan komputer menjadi aspek penting yang akan menentukan tingkat produktivitas Anda. Di bawah ini adalah aspek penting dalam memahami sistem keamanan jaringan komputer.

Secara garis besar, keamanan komputer adalah teknologi yang melindungi perangkat komputer secara fisik untuk tujuan-tujuan berikut ini:

  • Mencegah terjadinya pencurian maupun kerusakan pada hardware
  • Mencegah penyusupan atau pencurian informasi
  • Mencegah kerusakan data sensitif
  • Mencegah adanya gangguan layanan

Untuk mencegah terjadinya gangguan seperti yang telah disebutkan di atas, maka sistem keamanan komputer yang menyeluruh dan terintegrasi sangat dibutuhkan.

John D. Howard mengatakan dalam bukunya yang berjudul “An Analysis of Security Incidents on The Internet,” bahwa keamanan komputer merupakan tindakan pencegahan dari serangan terhadap pengguna komputer atau dari penyusup yang tidak bertanggung jawab yang coba masuk atau mengakses jaringan tanpa izin.

Sementara itu, Gollman dalam “Computer Security” mengungkapkan bahwa keamanan komputer berkaitan erat dengan pencegahan diri serta deteksi terhadap upaya yang dilakukan pengganggu yang tak dikenal di dalam suatu sistem komputer.

Konsep dalam Keamanan Jaringan Komputer

Berbicara mengenai keamanan komputer adalah membahas mengenai tiga konsep utama dalam implementasinya yang dikenal juga dengan istilah CIA Triad, yang terdiri dari:

  • Confidentiality
  • Integrity
  • Availability

CIA Triad yang terdiri dari kerahasiaan, integritas dan ketersediaan ini adalah model yang tujuan perancangannya adalah untuk panduan kebijakan terkait keamanan informasi dalam sebuah jaringan komputer.

Unsur-unsur yang terkandung dalam CIA ini dilihat juga sebagai komponen paling penting dalam sistem keamanan komputer.

Selain itu, sebuah sistem pengamanan komputer juga dapat ditingkatkan lebih baik lagi dengan menambahkan aspek-aspek berikut ini:

  • Non-repudiation
  • Authenticity
  • Possession
  • Utility
  • Confidentiality

Karena setiap informasi yang terdapat dalam jaringan komputer memiliki jenis yang berbeda-beda, maka setiap data akan diakses oleh kelompok pengguna yang berbeda pula.

Oleh karena itu, pembatasan akses data terhadap kelompok-kelompok pengguna yang berbeda perlu diberlakukan. Hal ini dikarenakan jenis data dalam suatu perusahaan, atau bahkan perangkat komputer pribadi, ada yang bersifat sangat sensitif dan rahasia.

Kerahasiaan data dalam jaringan komputer dapat ditingkatkan dengan menggunakan VPN atau pengenkripsian data. Dengan kata lain, kontrol akses terhadap kelompok pengguna data adalah cara yang awam digunakan ketika ingin membatasi akses terhadap data di jaringan komputer.

Cara lain yang juga dapat digunakan untuk melindungi kerahasiaan data adalah menggunakan kombinasi atau gabungan dari password dan username yang akan diminta dalam proses autentifikasi pengguna.

Dengan cara ini, hanya pengguna (user) yang dikenali saja yang akan mendapatkan akses ke dalam jaringan komputer.

Pengamanan Jaringan Komputer

Sebelum mengetahui metode terbaik dalam meningkatkan keamanan jaringan komputer, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara dilakukannya penyerangan terhadap jaringan komputer, yakni:

  • Memanfaatkan perangkat jaringan seperti switch, router, access point, dan lainnya.
  • Memanfaatkan sistem operasi seperti Microsoft Windows
  • Memanfaatkan aplikasi semacam Adobe, Microsoft Office, Database Software, dan lainnya.

Adapun jenis-jenis keamanan jaringan komputer terbagi ke dalam beberapa kelompok di bawah ini:

  • Interception

Interception merupakan jenis ancaman dalam kondisi terdapat pihak yang tidak seharusnya mendapat akses informasi di dalam jaringan komputer.

  • Interruption

Dalam tahap ini, penyusup sudah berhasil mendapatkan akses informasi di dalam jaringan, namun belum secara keseluruhan. Administrator tetap masih bisa login ke dalam sistem jaringan.

  • Fabrication

Jenis penyerangan ini adalah ketika penyusup sudah berhasil menyisipkan objek palsu ke dalam jaringan komputer. 

  • Modification

Dapat dibilang ini adalah tahap paling fatal dalam proses penyerangan jaringan komputer, di mana penyusup bahkan sudah dapat merusak sistem dan mengubahnya secara keseluruhan sehingga administrator tidak lagi memiliki akses ke dalam jaringan.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam proses pengamanan jaringan komputer?

  • Pengamanan fisik

Tempatkan hardware di tempat yang aman dan dapat diawasi terus-menerus. Pastikan juga ruangan selalu bersih dan jika bisa terpasang air conditioner agar tidak berdebu dan tidak lembab. Anda juga dapat menggunakan kunci pengamanan yang khusus agar orang yang tidak berkepentingan tidak dapat masuk.

  • Pengamanan terhadap akses

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis data yang berbeda akan diakses oleh kelompok pengguna yang berbeda pula. Pastikan perusahaan Anda melakukan kategorisasi akses terhadap kelompok-kelompok pengguna. Anda juga dapat mengatur password bagi data yang rahasia yang sensitif.

  • Pengamanan terhadap komunikasi jaringan

Anda dapat melakukan pengamanan komunikasi jaringan dengan menggunakan kriptografi untuk setiap komunikasi. Dengan metode ini, data-data yang sifatnya sensitif dapat dienkripsi agar lebih aman ketika proses pengiriman dan penerimaan data berlangsung.

Sistem keamanan jaringan komputer yang lemah dapat membawa banyak kerugian, tidak hanya bagi asset atau data perusahaan, namun juga bagi perangkat personal. Pastikan keamanan jaringan komputer Anda memiliki teknologi canggih dan menyeluruh demi optimalnya produktivitas bekerja.

1 Comment

Leave A Reply

Registration

Forgotten Password?